Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, Deretan Motor Mungil Ramaikan Otobursa 2018

Kompas.com - 22/07/2018, 10:32 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Puluhan sepeda motor berukuran kecil tampak berjejer rapi di salah satu sudut di area gelaran Otobursa Tumplek Blek 2018. Seperti produk-produk lainnya, motor-motor tersebut ternyata juga dijual.

Pada Otobursa 2018, pihak yang menjual motor-motor mungil ini adalah Rock's Mini dan Garasi 27. Rock's Mini menjual motor-motor hasil custom, sedangkan Garasi 27 menjual motor asli pabrikan yang sudah direstorasi ulang.

Untuk motor asli pabrikan, beberapa tipe yang ditawarkan adalah Honda NSR 80R dan Suzuki GSX R-50. Keduanya merupakan motor mungil yang memang pernah diproduksi oleh Honda dan Suzuki.

Baca juga: Puluhan Motor Langka Dijual di Otobursa Tumplek Blek 2018

Deretan sepeda motor berukuran kecil yang meramaikan gelaran Otobursa Tumplek Blek 2018 di Gambir Expo, JIExpo Kemayoran, Jakarta pada penyelenggaraan hari pertama, Sabtu (21/7/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan sepeda motor berukuran kecil yang meramaikan gelaran Otobursa Tumplek Blek 2018 di Gambir Expo, JIExpo Kemayoran, Jakarta pada penyelenggaraan hari pertama, Sabtu (21/7/2018).

Harga yang ditawarkan adalah Rp 125 juta untuk NSR dan Rp 68 juta untuk GSX. Namun Garasi 27 masih memberikan kesempatan bagi calon pembeli untuk menego ulang harga.

Sementara itu, untuk motor mungil hasil custom, harga yang ditawarkan lebih murah. Sebagai contoh Vespa ditawarkan pada harga Rp 27,5 juta. Sedangkan beberapa motor batangan tanpa fairing dibanderol pada kisaran harga Rp 30-an juta.

Pendiri Rock's Mini Yanuar Setiawan menyebut, motor-motor mini custom yang dijual murni kreasi dia dan rekan-rekannya. Untuk proses pembuatan motor batangan, bagian-bagian seperti kerangka dan jok dibuat sendiri, mesin mencomot dari bekas motor lain.

Sedangkan lampu, tangki, setang dan knalpot didatangkan dari luar negeri. Proses yang hampir sama juga berlaku untuk jenis Vespa.

Baca juga: Motor Baru Juga Langsung Bisa Dites di Otobursa 2018

Vespa berukuran kecil yang meramaikan gelaran Otobursa Tumplek Blek 2018 di Gambir Expo, JIExpo Kemayoran, Jakarta pada penyelenggaraan hari pertama, Sabtu (21/7/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Vespa berukuran kecil yang meramaikan gelaran Otobursa Tumplek Blek 2018 di Gambir Expo, JIExpo Kemayoran, Jakarta pada penyelenggaraan hari pertama, Sabtu (21/7/2018).

"Kalau Vespanya itu awalnya Vespa normal, tapi dikecilkan. Mesinnya pakai punya motor matik. Jadi mesin yang lama tidak dipakai," ujar Yanuar saat ditemui di hari pertama penyelenggaraan Otobursa Tumplek Blek 2018, Sabtu (21/7/2018).

Otobursa Tumplek Blek 2018 berlangsung di Gambir Expo, JIExpo Kemayoran, Jakarta. Gelaran ini dijadwalkan berlangsung hingga Minggu (22/7/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com