Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memulai Hobi Mobil Klasik, Pilih Tipe Mobil Ini

Kompas.com - 03/04/2018, 11:22 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Selain untuk investasi, tujuan lain dari memiliki mobil klasik adalah menyalurkan hobi. Untuk tujuan yang kedua ini, ada saran yang perlu dicermati bagi penggemar yang baru ingin memulai hobi mobil klasik.

Pemilik bengkel Kedai Built Up, Helmy Sarosa mengatakan untuk penggemar mobil klasik pemula, sebaiknya jangan langsung membeli mobil klasik keluaran Eropa ataupun Amerika Serikat. Tapi awali dengan membeli mobil retro keluaran pabrikan Jepang.

Baca juga : Tipe Mobil yang Bisa Mahal di Masa Depan dan Layak Investasi

Mobil retro adalah mobil lawas yang usianya masih relatif lebih muda dibanding mobil klasik. Jika kategori usia mobil klasik sudah di atas 40 tahun, maka mobil retro masih di atas 20 tahun. Jika mengacu masa sekarang, mobil yang bisa dikategorikan retro adalah produk keluaran era 1980-an dan awal 1990-an.

Salah satu mobil retro yang meramaikan pameran mobil Classic FOr The Young Generation yang diadakan Perhimpinan Penggemar Mobil Kuno Indonesia di Tangerang, Sabtu (31/3/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Salah satu mobil retro yang meramaikan pameran mobil Classic FOr The Young Generation yang diadakan Perhimpinan Penggemar Mobil Kuno Indonesia di Tangerang, Sabtu (31/3/2018).

"Kalau baru mau mulai jangan langsung muscle car atau mobil Eropa, kita belajar harus dari retro dulu buat pemula," kata Helmy kepada Kompas.com, Sabtu (31/3/2018).

Menurut Helmy, tujuan memilih mobil retro keluaran Jepang disebabkan suku cadangnya yang relatif mudah dicari. Harga mobil juga biasanya lebih murah ketimbang mobil klasik. Beberapa mobil yang direkomendasikan, misalnya Toyota Corolla series ataupun Honda Civic series. Bila ingin sekalian berinvestasi, Helmy menyebut ada beberapa varian Corolla dan Civic yang berpotensi jadi klasik beberapa tahun mendatang.

Baca juga : Jangan Takut Menjual Mobil Klasik, Kecuali Warisan

"Civic yang dicari seperti yang model setrikaan (Wonder), Nouva, Estilo. Kalau Corolla cari yang keluaran dari 69-85. Harganya semakin tua semakin memukau. Apalagi kalau mobilnya built up, nilai jualnya tinggi," ucap Helmy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com