Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Takut Menjual Mobil Klasik, Kecuali Warisan

Kompas.com - 02/04/2018, 18:20 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Tangerang, KOMPAS.com - Jual beli mobil klasik dianggap merupakan salah satu investasi menguntungkan pada masa kini. Sepanjang tekun membangun kembali mobil yang sudah rusak, pemilik mobil klasik bisa memperoleh keuntungan yang relatif besar dari investasi ini.

Hal itulah yang dirasakan Helmy Sarosa, pemilik bengkel "Kedai Built Up". Helmy tercatat sudah puluhan tahun menekuni investasi mobil klasik. Ada salah satu hal yang ditekankannya bagi pecinta mobil yang tertarik berinvestasi mobil klasik, yakni jangan takut untuk menjual mobil yang dikoleksi.

Sepanjang tidak ada unsur emosional dari mobil tersebut, misalnya warisan orang tua, Helmy menilai pemilik harus berani menjual jika sudah menemukan harga yang menguntungkan.

Mobil-mobil klasik yang dipamerkan Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) di IIMS 2017Febri Ardani/Otomania Mobil-mobil klasik yang dipamerkan Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) di IIMS 2017

"Kalau harga sudah cocok, jual. Jangan takut kehilangan, kecuali kalau itu warisan bapaknya disimpan tidak apa-apa," kata Helmy saat jadi pembicara dalam pameran "Classic For The Young Generation" di Tangerang, Sabtu (31/3/2018)

Menurut Helmy, biasanya ketakutan pemilik disebabkan khawatir tidak akan mendapatkan mobil yang sama. Namun berdasarkan yang dilakukannya selama ini, Helmy menyebut hasil menjual mobil klasik bisa membuat pemilik meningkatkan kelas mobil klasik yang dimilikinya.

"Hari ini jual Toyota, besok bisa ganti baju. Masih bisa dapat Nissan, dapat Mitsubishi," ucap Helmy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com