Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riset Suzuki, Ini Mobil yang Diinginkan Konsumen Indonesia

Kompas.com - 03/03/2018, 13:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

Jakarta, KOMPAS.com – PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) mencoba melihat masa depan industri otomotif dalam negeri, berdasarkan preferensi dari masyarakat akan kendaraan roda empat. Perubahan ini tak dipungkiri bisa saja mengantikan posisi model MPV 7-penumpang, yang sekarang masih sangat diminati.

Donny Ismi Saputra, Marketing Director 4W PT SIS menyebutkan poin pertamanya, di mana pada tiga tahun belakangan ini, salah satu pertimbangan konsumen untuk membeli mobil adalah soal konsumsi bahan bakar. Tentu saja semakin irit akan lebih dipilih.

“Semakin ke sini, tuntutan untuk mobil yang lebih irit makin naik, itu adalah aspirasi mayarakat yang pertama,” kata Donny, Kamis (1/3/2018).

Kemudian yang kedua, kata Donny, masyarakat akan lebih menginginkan mobil compact multi fungsi dengan desain tertentu. Donny menyebut kalau dirinya masih belum bisa untuk mengungkapkan, seperti apa desain yang dimasksud tersebut.

Baca juga : Suzuki Pasti Tambah Model LCGC, Sinyal Wagon R 7-Penumpang?

Suzuki Mega Carry terbaru 2018.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Suzuki Mega Carry terbaru 2018.

“Saya tidak bisa bicara lebih detail soal desainnya, karena ini hasil riset kami. Maksud kompak di sini adalah, saat ini ukuran lahan parkir di perumahan semakin kecil, itu salah satu alasannya, Jadi semakin ke sini, ukuran kendaraan yang compact akan lebih dibutuhkan,” ujar Donny.

Donny menuturkan, itu agak berbeda dengan preferensi konsumen sebelumnya, seperti struktur keluarga inti, ketergunaan dari kendaraan itu sendiri juga berubah. Efeknya ke depan adalah kepada pengembangan mobilnya.

“Jadi mobil tidak hanya untuk dia dan keluarganya, tapi bisa digunakan pada aktivitas lain seperti mencari uang atau usaha. Pastinya semakin lama kebutuhan konsumen berubah. Namun, preferensi konsumen hanya satu faktor saja dari pengembangan produk, di mana faktor lain adalah regulasi pemerintah,” kata Donny.

“Kemungkinan ke depannya kalau kita bisa tarik garis lurus, Indonesia akan menuju ke arah lebih compact kendaraannya. Lebih compact berarti lebih kecil,” kata Donny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com