Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meraba Segmen Baru ”Penyelamat” Nissan di Indonesia

Kompas.com - 07/12/2016, 10:31 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) benar-benar sedang menyusun strategi untuk bangkit mulai tahun depan. Sejumlah produk baru siap menggebrak, termasuk mengincar segmen baru yang belum pernah dimainkan.

Senjata utama kemungkinan bakal tetap mengutak-atik segmen MPV. Seperti gosip yang selama ini beredar, Nissan sedang menyiapkan Grand Livina generasi baru yang bakal muncul pada 2018, meski akan ada versi facelift terlebih dahulu.

Small MPV? Ada peluang. Seperti yang telah disebutkan Carlos Ghosn, yang mengatakan siap mengembangan MPV segmen bawah bersama Mitsubishi. Masih jauh, tapi sudah ada penyebutan dan pastinya siap dikejar.

”Yang jelas kami memang akan mengisi segmen baru, atau segmen yang orang belum punya. Apakah nanti mengembangkan sendiri atau kolaborasi, nanti pasti diketahui,” ucap Budi Nur Mukmin, GM Strategi Pemasaran dan Rencana Produk NMI, belum lama ini.

SUV dan Pikap
Menariknya, Budi menyebut ada ketertarikan untuk main di kendaraan komersial. Banyak senjata untuk eksis di segmen ini, termasuk Nissan NV200 yang merupakan blind van basis dari Evalia. Nissan juga juga beberapa model kendaraan angkut, termasuk truk ringan dan double cab Navara.

Satu lagi peluang yang sedang digodok untuk diisi, yakni SUV 7-penumpang. Memang, Nissan sudah punya X-Trail, namun kehadirannya dirasa lebih lengkap jika ada model SUV dengan platform pikap. Dalam hal ini, Nissan ingin menjadi kuda hitam untuk mencuri pasar Pajero Sport atau Fortuner.

”Segmen itu lebih besar dari segmennya X-Trail. Tumbuhnya sangat agresif, mungkin karena aging product (produk yang disukai di segmen tertentu),” ucap Budi. Dirinya tak menyebut produk yang spesifik. Tapi Nissan sudah punya Pathfinder di segmen ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com