Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan, BMW, dan Porsche Bermasalah di Korea Selatan

Kompas.com - 05/12/2016, 16:22 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Seoul, KompasOtomotif – Setelah Volkswagen, kini Porsche, BMW, dan Nissan, bermasalah juga di Korea Selatan (Korsel). Enam model dari tiga merek itu diancam dihentikan penjualannya setelah ditemukan semuanya diimpor menggunakan sertifikat dokumen tidak sah.

Secara keseluruhan, model yang bermasalah meliputi tujuh model Porsche, dua model Nissan, dan satu model BMW. Catatannya, empat model Porsche sudah berhenti dijual lebih dulu.

Febri Ardani Q50 2.0L menjadi model termurah Infiniti di Indonesia.
Nama-nama model yang diketahui terlibat perkara ini, yaitu Nissan Qashqai, Infiniti Q50, BMW X5M, dan Porsche Macan S diesel.

Dijelaskan Wall Street Journal pekan lalu, Porsche, BMW, dan Nissan, meregistrasi dokumen yang sudah pernah digunakan pada model serupa sebelumnya. Automotive News mengabarkan, Kementerian Lingkungan Hidup Korsel berencana memberikan sanksi sebesar total 6,5 miliar won (Rp 74,6 miliar) buat ketiga merek tersebut.

Febri Ardani All-New BMW X5 M.
Kementerian sudah melakukan penyelidikan sejak Agustus lalu pada 12 merek asing. Pengawasan pada merek asing di Korsel mengetat sejak kasus pelarangan hampir semua model Volkswagen.

“Kami akan memberikan para perusahaan sampai pertengahan bulan depan (Desember) untuk menjelaskan posisi mereka. Setelah itu, pemerintah berencana mencabut sertifikasi, melarang penjualan mobil mereka, dan meminta jaksa penuntut melanjutkan investigasi kasus ini,” kata Hong Dong-kon, juru bicara kementerian. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com