Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan dari EICMA, Milan, Italia

Ini Tampilan Baru Honda CBR650F dan CB650F

Kompas.com - 13/11/2016, 13:06 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Milan, KompasOtomotifHonda memperbarui tampang dan performa supersport CBR650F dan CB650F. Penampilan perdana dilakukan di EICMA, pameran motor terbesar di dunia yang diselenggarakan di Milan, Itala, 8-13 November 2016.

Motor ini mendapat ekstra tenaga dari mesin 649 cc-nya, naik 4 tk menjadi 89 tk @11.000 rpm. Angka itu didapat dari komponen intake dan manajemen saluran gas buang. Setelah itu, Honda membuat rasio gir lebih pendek untuk gigi 2 sampai 5. Torsi puncak juga naik, 63,9 Nm @8.000 rpm.

Konsumsi bahan bakar diklaim mencapai 25,2 kpl, yang membuat kedua motor ini bisa melaju lebih dari 350 km sekali isi penuh tangki bahan bakar berkapasitas 17,3 liter.

Di luar mesin dan performa, Honda memperbarui garpu depan dengan Showa tipe Dual Bending Valve (SDBV) 41 mm. Diklaim teknologi tersebut membuat motor makin mudah dikendarai dengan pantulan yang nyaman. Di belakang, ada monosok preload-adjustable yang terpasang langsung dengan lengan ayun aluminium.

Pelek juga aluminium, enam palang plus ban ukuran 120/70-17 (depan) dan 180/55-17 (belakang), menggunakan pentil bentul L yang gampang diisi ulang. Pengereman diperbarui, termasuk kaliper depan tipe 2-piston. Sementara di belakang pakai kaliper single piston. ABS menjadi peranti standar.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Honda CB650F juga mendapat ubahan serupa dengan CBR650F.
Penampilan

Demi memberikan aerodinamika yang baik dan melindungi dari pengaruh cuaca, fairing depan diperbarui, makin sporty dan mengurangi tekanan angin dari depan. Dari fairing sampai belakang sama dengan model lama, termasuk juga lampu-lampu.

Jok diperbarui menjadi lebih ramping di tengah, membuat pengendara bisa lebih intim dengan sepeda motor. Tinggi jok mencapai 810 mm.

Panel indikator baru, terpampang dua layar digital. Di sebelah kiri, ada rpm meter dan spidometer. Di kanan ada sisa bagan bakar, jam, odometer, dan lampu-lampu peringatan.

CB650F sama, hanya bedanya ada pada fairing yang dilepas, diganti dengan lampu depan single dan setang yang lebih tinggi. Selain itu, semua sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com