Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari Milan-Italia

Skuter Petualang Honda Mulai Menggoda

Kompas.com - 08/11/2016, 19:50 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Milan, KompasOtomotif – Genap setahun setelah muncul sebagai konsep, Honda X-ADV akhirnya benar-benar diluncurkan dan siap diboyong. Memanfaatkan ajang EICMA, di Milan, Italia, (7/11/2016), sepeda motor ini tampil dengan wajah gagah khas sepeda motor petualang.

Desain motor ini murni lahir dari Italia berkat tangan dingin desainer Daniele Lucsshesi dan Maurizio Carbonara. Mereka bercerita bahwa inilah motor yang selama ini diimpikan untuk terwujud. ”Kami ingin sebuah motor yang tangguh, tapi juga ringan dan bisa dipakai beraktivitas di perkotaan,” kata Lucsshesi.

Secara konsep motor ini lahir dari trah skutik, namun diberikan tampang kekar dengan kaki jenjang. Suspensinya tinggi, pelek jari-jari plus ”ban tahu”, ditutup dengan pelindung setang melengkapi ciri khasnya sebagai motor adventure.

Motor ini menggunakan mesin 745 cc kembar sejajar 270 derajat SOHC dengan delapan katup. Mesin ini sama persis dengan yang digunakan Integra NC750X dengan tenaga 54 tk @6.250 rpm dan torsi 67,9 Nm @ 4.750 rpm. Tugas transmisi diserahkan kepada Honda Dual Clutch Transmission (DCT).

Honda Honda X-ADV Milan.
Meski berbagi mesin, namun sasis sama sekali baru, dengan sistem tubular. Suspensi depan menggunakan tipe upside down 41 mm, dan preload adjustable di bagian belakang.

Kelihatannya skuter, atau skutik, tapi ternyata motor ini cukup bikin jinjit kebanyakan orang Asia dengan tinggi jok 820 mm. Di bawha jok ada bagasi besar 21 liter. Menyalakan motor tanpa kunci juga menjadi keunggulan Honda X-ADV.

Honda mengklaim, inilah ras baru sepeda motor, di mana belum ada pabrikan lain yang membuat mimpi para desainer menjadi kenyataan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com