Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rolls-Royce Phantom Generasi 7 Masuk Museum

Kompas.com - 24/02/2016, 18:44 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Goodwood, KompasOtomotif – Rolls-Royce Phantom generasi ketujuh yang hadir pertama kali pada 2003 setelah perusahaan asal Inggris ini dibeli BMW telah diputuskan berhenti diproduksi pada November 2016.

Dalam pernyataan resminya, Selasa (23/2/2016), CEO Rolls-Royce Torsten Mueller-Oetvoes mengatakan, keputusan ini terkait pengembangan sasis space-frame yang bakal jadi basis semua model Rolls-Royce mulai 2018.

Bukan hanya Phantom, model lain yang menggunakan basis yang sama, yakni Phantom Coupe, Drophead Phantom juga diputuskan pensiun. Pengembangan keduanya dihentikan, namun sebagai edisi perpisahan Rolls-Royce sudah menyiapkan edisi khusus Phantom Zenith yang hanya dibuat 50 unit untuk diburu kolektor.

Pensiunnya Phantom bisa jadi karena rasionalisasi Rolls-Royce. Pasalnya buat konsumen yang mau tipe coupe sudah tersedia Ghost dan Wraith, sementara Dawn yang baru saja diluncurkan mengadopsi bodi convertible.

Versi Phantom yang lain dengan long wheelbase, Phantom Limousine, juga mengalami nasib yang sama.

Phantom generasi ketujuh selama ini diproduksi selama 13 tahun di pabrik Rolls-Royce di Goodwood. Penerusnya, generasi ke delapan, yang menggunakan arsitektur baru sedang disiapkan sebagai pengganti

"Phantom terbaru akan memberi nilai historis baru dan menjadi titik penting dalam sejarah dunia otomotif, kami akan bekerja keras untuk mewujudkan dan menyempurnakan Phantom generasi ke delapan," ujar Mueller-Oetvoes.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com