Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Pendaran Cahaya Indah dari Lampu Cantik BMW

Kompas.com - 07/01/2015, 18:16 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

BMW Lampu depan BMW Concept Iconic Lights, indah dengan teknologi LED.

Las Vegas, KompasOtomotif – BMW memamerkan detail lampu indah dengan teknologi laser dan OLED (organic light-emitting diodes) pada Consumer Electonics Show (CES) di Las Vegas, Amerika Serikat, 6-9 Januari 2015. Pendaran cahaya yang tersemat pada lampu BMW M4 Concept Iconic Lights itu sungguh cantik dan sangat detail.

Cahaya yang muncul dari lampu depan memberikan ciri khas yang gampang dikenali. Dengan teknologi laser, BMW mampu menghadirkan garis-garis rapat di sekitar lampu yang berkesan seperti ”serat” di dalam. Kesannya seperti banyak lampu tipis yang yang tegas.

BMW Lampu dengan teknologi OLED, sangat detail hingga terkesan tiga dimensi.

Dalam agenda itu juga didemonstrasikan, lampu bisa memberi peringatan saat di malam hari terdapat objek yang dianggap membahayakan. Bekerja dengan sensor dan kamera, lampu akan otomatis memberi tanda garis-garis tipis pada permukaan jalan untuk memberikan gambaran ke pengumudi soal bahaya dan jarak hingga ke objek yang dianggap berbahaya.

Sementara itu, pendaran cahaya lebih indah terpasang di bagian belakang. Dengan teknologi OLED, lampu stop dan sein jauh lebih detail. Hanya dengan ketebalan 1,4 mm, OLED bisa disusun rapi sehingga muncul efek tiga dimensi. BMW membuat desain mirip sirip yang ditumpuk-tumpuk.

OLED sendiri dikatakan jauh lebih hemat energi ketimbang LED. Sementara teknologi laser BMW sudah pernah dipasang pada mobil elektrik i8. Lampu laser juga hemat energi hingga 30 persen ketimbang LED, xenon, atau halogen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com