Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2014 : Revolusi "Aplikasi" Teknologi Mobil

Kompas.com - 28/05/2014, 10:50 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Stamford, KompasOtomotif - Revolusi aplikasi bagi ponsel pintar berhasil mengubah perilaku manusia dalam berkomunikasi satu dengan yang lain, sejak beberapa tahun lalu. Kini, revolusi aplikasi ini mulai merambah teknologi mobil, menyentuh puncaknya mulai 2014.

Alasan utama ada pada kebutuhan konsumen, produsen mobil dan pemasok teknik perusahaan akan menembus batas antara aplikasi ponsel pintar dan kebutuhan pengendara akan informasi, hiburan, dan kebutuhan lain, ketika di dalam mobil pribadi. "Tahun ini akan jadi puncaknya. Ada banyak pembicaraan soal aplikasi di mobil, tetapi mulai ke depan, revolusi ini benar-benar terjadi," beber Thilo Koslowski, analis dari Gartner, yang memantau perkembangan teknologi di dalam mobil.

Kanwalinder Singh, eksekutif dari Qualcomm, mengatakan, persaingan antara pabrikan mobil saat ini adalah berlomba menawarkan aplikasi berbasis teknologi ponsel pintar di setiap mobil. "Semua yang ada di ponsel pintar kini bisa dinikmati di dalam mobil," jelas Singh.

Koneksi
General Motors berencana membekali koneksi 4G LTE untuk sebagian besar model edisi 2015. Langkah ini semakin memudahkan kemampuan mengunduh atau berselancar menggunakan aplikasi dengan internet. Honda, Audi, Mercedes-Benz, dan BMW juga sudah menyiapkan beberapa aplikasi baru untuk model-model andalan mereka.

Apple Incorporated juga sudah menunjukkan keseriusannya memproduksi aplikasi untuk mobil, dengan CarPlay. Aplikasi ini didesain untuk membaca semua aplikasi yang ada pada iPhone atau iPad langsung di dasbor. Sekaligus, bisa mengoperasikan berbagai hiburan langsung di dalam kabin mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com