Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korelasi Kebersihan Kabin dan Performa AC Mobil

Kompas.com - 26/06/2024, 16:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu komponen utama AC mobil ialah evaporator dan filter. Jika dua komponen ini kotor menyebabkan banyak masalah mulai dari embusan udara tersumbat hingga bau tak sedap.

Andrew Prakuswo, pemilik bengkel spesialis AC mobil yaitu Fortune AC mengatakan, banyak hal yang membuat AC mobil tak berjalan baik. Tapi mayoritas ialah karena pemilik mobil membiarkan kabin kotor.

Baca juga: Penjelasan Jas Hujan Model Terpisah Lebih Aman Buat Pengendara

"Kotoran itu tergantung si pengguna mobil, makin resik makin lama kotor, tapi kalau cuek, kabin jarang dicvakum makin cepat kotor," ujar Andrew yang ditemui di Cibubur, Jakarta Timur, belum lama ini.

Evaporator AC mampet karena kotoranFendi/MF Auto Cool Evaporator AC mampet karena kotoran

Andrew mengatakan, sistem AC mobil pada dasarnya ialah memutar udara panas di kabin da diproses menjadi dingin. Jika sudah dingin dikembalikan ke kabin melalui blower.

"Sebab AC menyedot kotoran dari dalam, kipas waktu sudah mengirim AC pasti menyedot," ujar Andrew.

"Kebersihan kabin itu sangat memengaruhi, jadi bukan kotoran dari luar tapi dari dalam kabin. Soalnya buat kita-kita ini apalagi di kota besar, jarang sekali pakai sirkulasi dari luar," katanya.

Baca juga: Indomobil Group Mau Bawa Banyak Mobil Listrik ke RI

Filter AC MobilKOMPAS.com/Gilang Filter AC Mobil

"Apalagi kita di Jakarta, kalau pakai sirkulasi udara luar semua debu pada masuk, makin kotor yang ada kan," kata Andrew.

Andrew memberikan saran, jika sedang mencuci mobil biasakan minta untuk sekalian divakum. Walaupun terkesan sepele hal itu bisa menjaga kebersihan AC secara jangka panjang.

"Pencegahan pertama ialah sering-sering ganti filter kabin sebab inilah komponen yang menyaring debu. Tapi itu hanya untuk menahan kotoran. Tapi kalau bau tidak bisa. Kalau sampai bau biasanya ada bakteri di evap," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com