Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Teknologi Yamaha AMT, Ganti Gigi Tanpa Kopling dan Perseneling | Chery Ogah Ikut Pusaran Perang Harga Mobil Listrik

Kompas.com - 27/06/2024, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha memperkenalkan sistem Automated Manual Transmission (AMT) baru buat motor. Sistem tersebut memudahkan pengendara agar fokus di hal lain, seperti memutar gas, rem, posisi berkendara, dan sebagainya, transmisi sudah diatur secara otomatis.

Pada unggahan video Yamaha Motor Europe di Youtube, dijelaskan teknologinya bernama Yamaha AMT (Y-AMT). Jadi buat ganti gigi motor, tanpa kopling dan tuas perseneling, diganti semua denggan tombol.

Selain itu, dua tahun belakangan pabrikan asal China ekspansi besar-besaran ke Indonesia. Selain pilihan konsumen jadi beragam, terjadi perang harga terutama di segmen mobil listrik.

Menanggapi hal tersebut, Rifkie Setiawan, Head of Brand Department PT Chery Sales Indonesia mengatakan, pihaknya tidak ingin masuk ke area tersebut karena ada cara lain yang bisa dilakukan.

Baca juga: Awas Macet, Ada Pengalihan Arus Imbas Kecelakaan Truk di Tol Cipularang

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Rabu, 26 Juni 2024 :

1. Teknologi Yamaha AMT, Ganti Gigi Tanpa Kopling dan Perseneling

Terdapat pilihan AT atau MT, AT berarti perpindahan gigi diserahkan ke sistem Y-AMT. Sedangkan MT, pengaturan posisi gigi bisa dilakukan dengan manual, pakai tombol plus dan minus yang ada di tuas kiri setang.

Baca juga: Teknologi Yamaha AMT, Ganti Gigi Tanpa Kopling dan Perseneling

2. Chery Ogah Ikut Pusaran Perang Harga Mobil Listrik

Chery Omoda E5KOMPAS.com Chery Omoda E5

"Kami melihatnya itu penempatan dari posisi merek, untuk Chery sendiri kami tidak dan tidak akan main ke sana," ujar Rifkie kepada Kompas.com, di Cikarang, Jawa Barar, Selasa (26/6/2024).

"Bagaimana caranya yaitu dengan memberikan benefit (keuntungan) yang lebih ke konsumen dan itu berguna dan dibutuhkan konsumen," ujarnya.

Baca juga: Chery Ogah Ikut Pusaran Perang Harga Mobil Listrik

3. Ini Perbedaan Perawatan Berkala Yamaha Nmax Turbo dengan Model Lama

Perawatan berkala pada Yamaha Nmax TurboKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Perawatan berkala pada Yamaha Nmax Turbo

Pada Yamaha NMAX Turbo yang telah mengusung mengusung YECVT atau Yamaha Electronic Continous Variable Transmission, gerakan maju mundur mangkuk puli depan untuk menaikkan dan menurunkan van belt diatur oleh motor elektrik.

Kondisi ini membuat komponen yang bergerak, terutama di area CVT NMAX Turbo, jadi lebih sedikit dibandingkan NMAX non-Turbo.

Dengan berkurangnya sejumlah komponen, apakah ada perbedaan dari sisi perawatan berkala antara Nmax Turbo dengan model lama?

Baca juga: Ini Perbedaan Perawatan Berkala Yamaha Nmax Turbo dengan Model Lama

4. Indomobil Group Resmi Ditunjuk Jadi Distributor Maxus

MG Maxus 9 saat berkunjung ke booth MG di IIMS 2024Foto: MG Motor Indonesia MG Maxus 9 saat berkunjung ke booth MG di IIMS 2024

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com