Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Terjeblos ke Septic Tank, Ini Bahaya Parkir di Atas Septic Tank

Kompas.com - 26/06/2024, 15:31 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok mengevakuasi satu Daihatsu Taruna yang terperosok ke septic tank. Kebetulan posisi tangki pembuangannya ada di bawah garasi dan ambles, membuat mobil berwarna silver tersebut terjebak.

Kejadiannya berlangsung di Kampung Rawa Denok Gang Haji Hikmah Kota Depok, Selasa (25/6/2024). Mobil terperosok sekitar pukul 10.00 WIB dan berhasil dievakuasi setelah tiga jam.

Menanggapi kejadian tersebut, Sony Susmana, pemerhati otomotif menjelaskan, seharusnya pemilik rumah membedakan tempat parkir dengan area septic tank.

 Baca juga: Memanaskan Mobil Jangan Hanya di Garasi, Harus Dibawa Jalan

"Kondisi halaman rumah yang terbatas sering kali septic tank dan garasi dijadikan satu. Boleh-boleh saja, tapi kadang tidak dilakukan pekerjaan dengan kualitas material yang sesuai," kata Sony kepada Kompas.com, Rabu (26/6/2024).

Sony mengatakan, kendaraan yang berat butuh alas yang rata, kuat, dan keras. Kalau dari kejadian di Depok, sayangnya bagian tersebut tidak kuat.

"Jangka pendek enggak masalah, tetapi kalau jangka panjang, tanah itu bergerak turun dan enggak stabil akibat beban yang enggak rata dan muka air tanah yang turun," ucap Sony.

Baca juga: Harga Tembus Rp 40 Jutaan, Ini Pilihan Mobil Bekas Seharga Nmax Turbo

Selain itu, tutup dari septic tank kadang dibuat tipis dan seadanya. Jadi saat diberi beban yang berat, lama-lama akan ambles juga.

Jadi kalau memang mau dijadikan satu antara septic tank dan garasi, harus dihitung dengan matang. Jangan sampai rugi sendiri seperti yang sudah terjadi di Depok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau