Jumat, 29 Agustus 2014

Otomotif


Tampil Beda dengan Lampu LED

Kamis, 10 Januari 2013 | 15:12 WIB
Dibaca:   Komentar:
|
Share:
  • Sumber : LED Studio Corp. | Author : -

    LED Studio sudah menyediakan modul lampu dengan desain seperti bunga matahari dan warna yang bisa berubah

  • Sumber : LED Studio Corp. | Author : -

    LED untuk lampu depan dan belakang

  • Sumber : exLEDID | Author : -

    Pemasangan LED untuk sein pada Mazda CX-7

  • Sumber : exLEDID | Author : -

    Susunan LED pada rumah lampu depan

KompasOtomotif - Light Emitting Diode (LED), membuat penampilan mobil kini penuh warna. Selain sebagai pengganti lampu konvensional seperti halogen dan high intensity discharge (HID) atau xenon sebagai penerangan utama dengan kelebihan irit konsumsi listrik, LED membuat sosok mobil menjadi makin gaya dan trendi.

Selama ini pabrik mobil, umumnya hanya menggunakan LED sebagai Day Light Running (DRL) dengan desain seperti bulu mata pada lampu depan, plus sebagai sein, rem, mundur pada lampu kombinasi belakang. Itu pun terbatas pada terbaru atau kelas menengah ke atas.
 
Kini, produsen atau rumah modifikasi lampu independen, juga mulai gencar menawarkan LED dengan desain khusus (custom). Salah satunya adalah LED STUDIO Corp., asal kota SiHeung, Gyeonggi-do, Korea. Di Indonesia, LED ini dipasarkan dan ditangani (dipasang) oleh exLEDIndonesia (exLEDID) di Bandung.
 
Modul dan Kustom
LED  dengan ukuran yang kecil, bisa dibentuk sesuai dengan mobil yang akan menggunakannya.Misalnya, mengganti lampu sein depan (juga belakang) dengan LED terdiri dari beberapa susunan lampu. Bahkan juga bisa disusun secara matriks. Tak kalah menarik, warnanya bisa diubah sesuai selera atau aturan lalu lintas, putih atau oranye (kuning).
 
“Lampu ini sudah dibuat secara modul. Pemasangan tinggal colok (plug & play) alias tidak merusak sirkuit kelistrikan asli,” jelas Albert Wicaksana dari exLEDIndonesia. Saat ini, exLEDIndonesia sudah menyediakan modul LED untuk mobil-mobil sepertiHonda Jazz, Brio, Kia (Rio dan Sportage), Hyundai, Mazda CX-7, Nissan Grand Livina, Toyota Avanza dan Innova.
 
Dijelaskan pula, modul LED yang digunakannya adalah tipe 2-way, artinya bisa menghasilkan 2 warna sekaligus, putih (6.000 kelvin) dan oranye (7.000 kelvin). Umumnya, digunakan sebagai lampu sein atau sein tambahan dengan bentuk khusus, misalnya panah penunjuk arah.
 
LED Studio Corp. sebagai produsen menjelaskan, modul LED yang diproduksi dan dipasarkannya dibuat dengan printed circuit board (PCB) khusus. Dengan ini pula, bentuk lampu LED bisa disesuaikan dengan keinginan konsumen atau bentuk lampu asli mobil.

LED dari perusahaan ini dirancang untuk digunakan untuk berbagai penerangan, antara lain lampu depan, belakang, lampu model mata bidadari (angle eyes), lampu proyeksi, DRL, kabin dan LED berupa bohlan untuk lampu kabut.

Bagi Anda tertarik dengan LED rancangan dan buatan LED Studio ini dan berdomisili di Bandung, bisa menyambangi exLEDIndonesia di Jalan Mekar Utama No. 118.
 
Menurut Albert, ia bersedia melakukan pemasangan ke rumah. Untuk mengetahui harganya dan kontaknya, atau mengetahui produk sebelum membeli, sebaiknya kunjung situs ini: www.exledid.com.
 
Ingin melihat contoh LED yang telah dikerjakan exLEDIndonesia pada Honda Jazz, lihat video berikut.
 


Editor : Zulkifli BJ