Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Presiden Mercedes-Benz S600 Guard dan S680 Guard, Apa Bedanya?

Kompas.com - 16/10/2024, 19:31 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil dinas Presiden RI Joko Widodo bukan hanya Mercedes-Benz S600 Guard, tapi ada juga S680 Guard. Keduanya memiliki perbedaan spesifikasi yang cukup signifikan.

"Saat ini presiden menggunakan S600 Guard dan juga S680 Guard, yang lebih sering dipakai S600 Guard," ujar Kariyanto Hardjosoemarto, Sales and Marketing Director PT Inchcape Indomobil Distribution Indonesia, kepada Kompas.com, Rabu (16/10/2024).

Baca juga: Video Mobil Presiden Jokowi Ikut Macet-macetan Tanpa Sirene

S600 Guard yang sekarang digunakan oleh Jokowi sudah dipakai sejak 2020. Generasi kelima dari S600 Guard ini dibekali mesin V12 yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 530 Tk dengan torsi 830 Nm.

Mobil Presiden Jokowi, Mercedes-Benz S680 Guard, meninggalkan Gedung DPR MPR, Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2024)Shela Octavia Mobil Presiden Jokowi, Mercedes-Benz S680 Guard, meninggalkan Gedung DPR MPR, Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2024)

S600 Guard mampu memberikan perlindungan tahan peluru dan ledakan. Sedan mewah ini memiliki spesifikasi perlindungan balistik kategori VR9 dan memenuhi semua persyaratan Bullet Ressistance Vehicle (BRV) 2009 Version 2.

Untuk pelindungan bodi, termasuk lantai, atap, dan bodi samping, sudah memenuhi persyaratan ERV 2010 (Explosive Resistant Vehicles). Kacanya dilapisi bahan polikarbonat, sehingga mampu menahan peluru tajam 7,62 millimeter hingga ledakan.

Baca juga: Rahasia Mobil Presiden Jokowi Bisa Anti-Peluru dan Tahan Ledakan Bom

S680 Guard juga tahan peluru dan ledakan. Bodinya didesain khusus dan memiliki sertifikasi VPAM VR10. Mobil ini disebut-sebut sebagai satu-satunya mobil yang memiliki uji balistik tertinggi untuk jajaran mobil sipil.

Mobil dinas Wakil Presiden RI Mercedes-Benz S680 GuardDok. Sekretariat Wakil Presiden Mobil dinas Wakil Presiden RI Mercedes-Benz S680 Guard

Mercedes-Benz juga melengkapi S680 Guard dengan sistem pemadam kebakaran onboard. Sehingga, bisa langsung memadamkan kebakaran pada mobil. Selain itu, terdapat pula sistem udara segar untuk mengantisipasi adanya serangan asap dan gas.

Soal dapur pacu, S680 Guard mengandalkan mesin V12 berkapasitas 6.000 cc twin-turbo. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga sebesar 621 Tk dan torsi mencapai 1.001 Nm. Mesin ini digunakan juga oleh Mercedes-Maybach.

S600 Guard dan S680 Guard sama-sama dibekali dengan ban jenis run-flat. Sehingga, mobil masih bisa melaju sejauh 30 kilometer dalam kondisi rusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau