Rahasia Mobil Presiden Jokowi Bisa Anti-Peluru dan Tahan Ledakan Bom

Kompas.com - 21/10/2019, 08:42 WIB
Dilengkapi lampu berkedip biru pada gril. Mercedes-BenzDilengkapi lampu berkedip biru pada gril.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Periode ini mobil dinas Presiden dan Wakil diganti. Masih menggunakan merek yang sama, namun Jokow Widodo ( Jokowi) dan Ma'ruf Amin akan menggunakan Mercedes-Benz S600 Guard seri terbaru yang didatangkan dari Jerman.

Mercedes Benz S600 Guard merupakan mobil dengan tingkat perlindungan keamanan yang sangat tinggi untuk penumpang. Sedan mewah ini mendapat sertifikat VR10, yakni sertifikasi tingkat perlindungan tertinggi untuk kendaraan non-militer.

Baca juga: Mobil Dinas Baru Menteri Jokowi Sudah Siap Dikirim

Dikutip dari kanal Youtube Florence Sylvie mengenai Mercedes S Guard yang dipakai Presiden India Pranab Mukherjee, Head of Guard Sales Mercedes Benz AG Markus Rubenbauer mengatakan, mobil ini sangat aman.


"Mobil ini nomor satu untuk perlindungan dan keselamatan untuk kepala negara," katanya dikutip Kompas.com, Minggu (20/10/2019).

Perlindungannya mencakup daya tahan kaca dari senapan serbu. Kacanya terbuat dari polikarbonat dengan ketebalan tertentu yang dapat meredam hantaman peluru kaliber 7,62 mm.

Tidak hanya tahan serangan peluru, mobil ini juga mengusung sertifikasi ERV 2010 sebagai kendaraan yang tahan ledakan. Mobil dirancang dengan sasis dan pertahanan khusus yang memastikan kuat terhadap ledakan.

Rangka Mercedes-Benz S600 Guard dirancang untuk mengatasi ancaman dari segala sisi termasuk kolong mobil.Worldcarfans Rangka Mercedes-Benz S600 Guard dirancang untuk mengatasi ancaman dari segala sisi termasuk kolong mobil.

Salah satunya yaitu tambahan tameng atau pelat pada bagian bawah bodi. Sehingga mobil tahan serangan ledakan bukan hanya dari kanan-kiri saja, tapi juga atas-bawah. Memastikan kabin merupakan tempat yang sangat aman.

Baca juga: Supaya Tak Mogok Seperti Mobil Jokowi, Hindari Kebiasaan Ini

Penggantian unit Mercedes-Benz S600 Guard kepada Mercedes-Benz Indonesia dilakukan melalui penunjukan langsung, bukan memakai sistem tender umum seperti pengadaan mobil menteri dan pejabat setingkat menteri.

Tampang belakang S600 Guard.Mercedes-Benz Tampang belakang S600 Guard.

Mercedes-Benz S 600 Guard dipilih berdasarkan pertimbangan teknis antara lain faktor keamanan, keandalan dan efisiensi biaya pemeliharaan yang semakian mahal karena usia pemakaian.

Sebab mobil yang ada saat ini merupakan warisan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan tahun pembuatan 2008 dan 2009. Mobil tersebut bahkan dikabarkan sudah sering rusak hingga mogok.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X