Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Zeekr Punya 2 Studio Desain di Swedia dan China

Kompas.com - 16/09/2024, 10:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SHANGHAI, KOMPAS.com - Sebagai merek yang relatif baru, Zeekr berusaha untuk mengakomodir selera masyarakat global. Apalagi Zeekr bermain di segmen kendaraan listrik atau mobil listrik premium.

Secara segmen Zeekr tidak mengincar kelas yang sama seperti mobil listrik China pada umumnya. Targetnya ialah kelas menengah atas dengan pemahaman citra merek dan tuntutan kualitas yang lebih tinggi.

Baca juga: Periklindo Sukses Gelar Konferensi di Bali

Untuk mengakomodir desain, Zeekr kini punya dua studio desain, pertama ialah di Gothenburg Swedia, dan yang kedua ialah di Shanghai, China, yang baru resmi dibuka, awal 2024.

Zeekr XFoto: Zeekr Zeekr X

Javier Garcia-Gallardo, Head of Zeekr Art Design di Shanghai, China, mengatakan, tim desain terdiri dari berbagai latar belakang supaya bisa mengakomodir selera yang lebih majemuk.

“Kami menaruh banyak fokus untuk memiliki keragaman yang baik di dalam tim. Seperti yang Anda ketahui, kami akan melakukan banyak diskusi. Kami menganggap diri kami sebagai merek global. Jadi bagi kami, sangat penting bahwa desain kami memiliki daya tarik global,” kata Javier yang ditemui di Shanghai, China, belum lama ini.

Baca juga: Modifikasi Truk Bisa Gugurkan Garansi

Javier Garcia-Gallardo, Head of Zeekr Art Design Shanghai, China.Foto: Zeekr Javier Garcia-Gallardo, Head of Zeekr Art Design Shanghai, China.

Javier mengatakan, ada beberapa alasan Zeekr membuka studio desain kedua di Shanghai.

“Pertama adalah untuk lebih memahami pasar Cina pada pelanggan Cina, ini adalah pasar terbesar kami yang merupakan pasar mobil listrik terbesar di dunia. Jadi kami merasa sangat jauh dari lingkungan yang berubah dengan cepat di sini. Kami merasa bahwa kami harus berada di sini untuk benar-benar memahami bagaimana semua hal ini berkembang,” katanya.

Kedua kata Javier, yaitu untuk mempercepat perkembangan dalam mengatasi perubahan di industri otomotif yang semakin cepat.

“Kedua adalah untuk mempercepat kecepatan pengembangan dan untuk dapat mengatasi perubahan industri yang cepat atau pada saat yang sama untuk meningkatkan kecepatan dan bekerja sama dengan pemasok kami,” katanya.

Baca juga: Transjakarta Bakal Uji Coba Angkot Listrik

Zeekr 007Foto: Auto&Design Zeekr 007

Alasan lain yaitu mempertahankan status quo Tiongkok, sebagai asal Zeekr.

“Kami akan menciptakan kompetisi internal antara pusat data, satu sama lain untuk menciptakan yang terbaik tentunya. Alasannya tentu saja, adalah untuk hadir di tempat kantor pusat kami berada,” katanya.

“Pada akhirnya, kantor pusat Zeekr berada di sini di China. Banyak tinjauan desain dengan manajemen puncak perusahaan kami di China. Jadi, tidak sama dengan menyajikan model fisik secara online,” ungkapnya,.

"Jadi itulah alasan utama mengapa kami memulai studio ini di Shanghai,” ujar Javier.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau