Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AC Mobil Hanya Keluar Angin tapi Tidak Dingin, Periksa Komponen Ini

Kompas.com - 10/09/2024, 11:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Demi menunjang kenyamanan penumpang di dalam kabin, mobil harus dibekali air conditioner (AC) yang prima. Kesejukan udara di dalam kabin bakal membuat penumpang lebih nyaman dalam perjalanan.

Ketika performa AC mulai menurun, maka angin yang berembus dari ventilasi tidak akan terasa sejuk, bahkan bisa saja malah panas. Lantas, komponen apa yang perlu diperiksa?

Dewa, Pemilik AC Mobil Jogja mengatakan, ada sedikit gambaran ketika AC hanya menyemburkan angin tapi tidak terasa dingin.

Baca juga: Kondisi AC Mobil Harus Off Sebelum Mematikan Mesin?


“Ada beberapa komponen yang masih bekerja dengan kondisi tersebut, yakni sakelar dan motor blower, dalam hal ini perlu diperiksa apakah kompresor masih mau bekerja atau tidak dengan mengamati putarannya,” ucap Dewa kepada Kompas.com, Senin (9/9/2024).

Dewa mengatakan, meski puli kompresor terhubung dengan sabuk, dan pasti akan berputar bila mesin bekerja, sebenarnya ada komponen pemutus yakni magnetic clutch.

“Jika diamati, puli kompresor yang berputar ada dua bagian yakni bagian puli luar dan tengah, kompresor bisa dikatakan bekerja bila puli bagian dalam yang terhubung dengan poros berputar,” ucap Dewa.

Baca juga: Penyebab AC Mobil Tak Dingin Saat Sedang Macet di Jalan

Kompresor AC mobilKOMPAS.com/Gilang Kompresor AC mobil

Dewa mengatakan, bila kompresor tidak bekerja, artinya ada pemicu yang membuatnya demikian, padahal sakelar AC utama On. Bila kompresor tidak bekerja sesuai perintah maka penyebabnya bisa karena masalah kelistrikan atau memang freon kurang.

“Bila freon kurang, maka refrigerant pressure sensor (RPS) akan membaca tekanan di bawah standar, sehingga akan mengoreksi sistem AC dan membuat kompresor berhenti berputar, agar tidak terjadi kerusakan,” ucap Dewa.

Sedangkan bila ada kerusakan kelistrikan, menurut Dewa, maka magnetic clutch juga akan membuat putaran kompresor terputus. Artinya, komponen ini tak mampu menjalankan perintah dengan baik.

Baca juga: Kenali Penyebab AC Mobil Tak Dingin Saat Dioperasikan Siang Hari

refrigerant pressure sensor (RPS) bertugas membaca tekana freon pada AC mobil.Tangkapan layar refrigerant pressure sensor (RPS) bertugas membaca tekana freon pada AC mobil.

“Kerusakan kelistrikan bisa dari sekring, kabel, atau kerusakan internal magnetic clutch-nya, sehingga putaran dari mesin tidak dapat diteruskan ke kompresor, akibatnya angin AC yang berembus tidak dingin seperti seharusnya,” ucap Dewa.

Pemeriksaan komponen AC lebih lanjut, menurut Dewa, bisa dilakukan di bengkel langganan, bila konsumen membutuhkan bantuan dari ahlinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau