Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Penyebab AC Mobil Tak Dingin Saat Dioperasikan Siang Hari

Kompas.com - 03/09/2024, 18:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Mobil dilengkapi air conditioner (AC) demi menunjang kenyamanan penumpang di dalam kabin. Ketika performa AC sudah mulai menurun, maka udara yang berembus menjadi kurang sejuk.

Namun, bagaimana jika AC hanya dingin saat mobil dioperasikan di malam hari, sementara di siang hari, kabin menjadi terasa panas?

Dewa, Pemilik Bengkel Spesialis AC Mobil Jogja, mengatakan AC mobil yang sehat tentunya mampu membuat udara di dalam kabin tetap sejuk dengan kondisi apapun.

Baca juga: Jangan Salah, AC Mobil Menyemburkan Uap Es Justru Abnormal


“Kondisi cuaca memang akan mempengaruhi kerja sistem AC, seperti ketika terik maka kompresor kemungkinan akan bekerja ekstra, durasi kerjanya bisa lebih lama karena harus melawan panas,” ucap Dewa kepada Kompas.com, Selasa (3/9/2024).

Kondisi sebaliknya juga berlaku, menurut Dewa, ketika malam hari maka suhu lingkungan relatif lebih rendah. Sehingga, kerja sistem AC akan lebih ringan, karena target suhu kabin lebih mudah tercapai.

“Selain soal target suhu di dalam kabin, sistem pendinginan freon di kondensor juga akan terjadi lebih baik, berkat suhu udara di lingkungan lebih rendah,” ucap Dewa.

Baca juga: Kondisi Udara Jelek, Bikin Filter AC Mobil Cepat Kotor

AC mobil menyemburkan bunga es menjadi tanda sistem AC abnormal.astraotoshop.com AC mobil menyemburkan bunga es menjadi tanda sistem AC abnormal.

Dewa mengatakan, ketika AC mampu menyejukkan kabin hanya di malam hari, artinya performa AC sudah menurun, meski secara keseluruhan sistemnya masih jalan.

“Penyebabnya bisa karena jumlah freon mulai kurang, kompresor lemah dan aliran freon terhambat, hanya saja kompresor masih mau berputar, untuk menentukan bagian mana yang bermasalah maka diperlukan analisis oleh ahlinya menggunakan alat,” ucap Dewa.

Dewa mengatakan ketika freon kurang, maka perlu dilakukan pemeriksaan kebocoran AC sehingga bisa segera diperbaiki dan dapat mengembalikan performanya.

Baca juga: Awas, Salah Atur Suhu AC Mobil Bikin Boros BBM

Perawatan AC mobil harus rutin dilakukan demi menjaga performa dan mencegah terjadinya kerusakan. Pricebook Perawatan AC mobil harus rutin dilakukan demi menjaga performa dan mencegah terjadinya kerusakan.

“Bila aliran freon tidak lancar maka bisa dipengaruhi oleh beberapa komponen seperti dryer kotor, kondensor pampat dan ada selang pampat akibat tertekuk atau kotoran,” ucap Dewa.

Bila masalahnya kotoran, Dewa mengatakan solusinya bisa dengan melakukan perawatan AC tanpa pembongkaran atau menggunakan metode flushing.

Sementara bila kompresor sudah aus, menurut Dewa, diperlukan pengukuran tekanan selang high pressure menggunakan alat khusus, untuk mengetahuinya.

Baca juga: Jangan Langsung Nyalakan AC Mobil di Pagi Hari, Ini Efeknya

Jadi, AC mobil yang dingin hanya ketika malam hari, bisa menjadi tanda bahwa telah terjadi penurunan performa, sehingga diperlukan perbaikan sistem AC segera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau