Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Kabin Mobil Terbakar akibat Powerbank

Kompas.com - 07/09/2024, 14:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Powerbank merupakan salah satu alternatif pengisi daya telepon genggam yang banyak dipakai pengguna gawai saat ini. Namun, bagi pemilik kendaraan roda empat yang punya powerbank, sebaiknya jangan meninggalkan alat yang satu ini di kabin khususnya saat mobil parkir.

Pasalnya, beberapa kasus mobil terbakar terjadi akibat pemilik kendaraan meninggalkan powerbank di mobil yang ditinggalkan parkir, karena ketidaktahuan atau karena ketidaksengajaan.

Baca juga: Daya Tarik Bus PO Juragan 99 Trans, Cocok Buat Introvert

Seperti contoh video yang diunggah oleh akun Tiktok bernama @mylifehappines88. Dalam tayangan tersebut memperlihatkan bagian interior mobil Toyota Avanza terbakar lantaran pemiliknya menaruh power bank di dalam mobil.

“Power bank dan HP ditaruh di mobil di bawah panas matahari, mobil terbakar meledak,” tulis unggahan tersebut.

Muchlis pemilik bengkel Garasi Auto spesialis Toyota dan Mitsubishi mengatakan, powerbank dan handphone memang tidak boleh terekspos panas berlebih karena berpotensi terbakar.

@mylifemyhappines88

mobil meledak dan terbakar ,gara gara hp dan power bank taruh di bawah panas matahari

? original sound - kyky

“Ini fakta, karena pelanggan juga pernah mengalami kejadian serupa. Jadi barang elektronik yang pakai baterai termasuk handphone dan kamera yang ditaruh di dalam mobil yang terparkir lama di bawah matahari bisa memicu kebakaran, hawa panas ditambah gelombang elektromagnetik,” ucap Muchlis kepada Kompas.com, Jumat (7/9/2024).

Menurut Muchlis, kasus tersebut tidak hanya disebabkan oleh panas di kabin, tetapi juga udara yang terperangkap di dalam mobil dan tidak bersirkulasi.

“Untuk mengurangi atau menahan panas sebetulnya bisa menggunakan kaca film, dengan catatan setiap merek atau model beda kemampuan. Solusinya, selain pakai kaca film yang rekomendasi, saat parkir lama sebaiknya kaca mobil diturunkan sedikit agar udara bersirkulasi dan mengurangi panas,” kata Muchlis.

Baca juga: Cara Hemat Bahan Bakar Mobil Pake Fitur yang Tersedia

Agar kejadian serupa tidak terulang lagi, sebelum parkir pemilik kendaraan sebaiknya memastikan tidak ada barang yang rawan meledak di kabin, seperti barang elektronik dan pemantik api.

Pastikan juga tidak ada barang elektronik yang masih tersambung dengan soket pengisian daya, saat mobil akan diparkir atau ditinggal, baik sebentar maupun untuk waktu yang lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau