Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Toyota Hadapi Persaingan di Segmen Fortuner

Kompas.com - 06/09/2024, 18:38 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan pasar kendaraan roda empat di segmen Sport Utility Vehicle (SUV) sedang meningkat. Tidak terkecuali bagi produk SUV dari Toyota yang dikenal tangguh dalam melintasi berbagai medan jalan Toyota Fortuner.

President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Ueda mengatakan, Toyota Fortuner secara konsisten memimpin market di segmen High SUV selama satu dekade terakhir, dan pada tahun 2023 mendapat market share lebih dari 40 persen.

“Catatan positif ini disebabkan beberapa hal seperti performa, durabilitas, dan desain yang gagah,” kata President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Ueda, Jumat (6/9/2024).

Baca juga: Fenomena Truk Oleng, Jadi Kebanggaan Sopir yang Mangancam Jiwa

Sejalan dengan hal ini, TAM baru saja meluncurkan model baru dari Toyota Fortuner yang hadir dengan sejumlah pembaruan. Tidak hanya dari sisi eksterior, interior, namun juga fitur.

Peluncuran model baru Fortuner ini sekaligus menjadi salah satu strategi Toyota untuk menghadapi persaingan di segmen SUV.

Toyota New Fortuner Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 600 JutaanKOMPAS.com/ Aprida Nanda Toyota New Fortuner Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 600 Jutaan

“Sebagai market leader produk ini selalu berkembang sesuai dengan kebutuhan pasar indonesia. Itu kenapa kita membawa New Fortuner 2024, dan sudah dibekali T-Intouch serta mesin berperforma tinggi,” kata Ueda.

Sebagai informasi, New Fortuner masih mempertahankan jantung pacu pendahulunya, yakni mesin 1GD berkapasitas 2.800 cc turbo diesel yang di atas kertas mampu memproduksi tenaga hingga 201 Tk pada 3.400 rpm dan torsi sebesar 499,1 Nm pada putaran 1.600 sampai 2.800 rpm.

Pilihan mesin lain adalah 2.700 cc dengan output 160 Tk pada 3.400 rpm dan torsi 245 pada 4.000 rpm.

Seluruh model New Fortuner juga sudah dibekali dengan fitur T-Intouch, di mana pelanggan dapat memanfaatkan teknologi canggih ini dalam dua kategori.

Kategori pertama pada Out-of-Car Connectivity yang dapat diakses melalui fitur T Intouch di aplikasi mToyota yaitu, pelanggan New Fortuner dapat mengaktifkan fitur Remote Immobilizer di aplikasi mToyota jika mobilnya hilang.

New FortunerKompas.com/Nanda New Fortuner

Selanjutnya pada kategori In-Car Connectivity dapat diakses melalui Connected Head Unit dan Connected RSE, pelanggan dapat menghubungi layanan Emergency Roadside Assistance (ERA) melalui head unit di mobil dalam situasi darurat.

Setelah pelanggan menekan tombol khusus di head unit, sistem akan menghubungkan dengan Toyota Concierge Service yang selanjutnya mengirimkan layanan ERA.

Baca juga: Ekspor Mobil Indonesia Terkoreksi Januari-Juli 2024, Ini Kata Toyota

In-Car Connectivity juga menghadirkan In-Car Wifi Hotspot berbasis jaringan broadband 4G/LTE Telkomsel dan tersedia secara gratis untuk periode 3 bulan pertama secara terbatas. Wifi Hotspot diakses lewat head unit dan RSE.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau