Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Perbedaan Tiga Tipe Toyota New Fortuner

Kompas.com - 06/09/2024, 16:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) baru saja meluncurkan New Fortuner pada Jumat (6/9/2024). Generasi anyar dari Fortuner ini mendapat sejumlah pembaruan dari sisi eksterior, interior dan fitur.

New Fortuner hadir dengan tiga tipe, yakni SRZ, VRZ dan GR Sport. Sedangkan untuk model Fortuner 2.4 tidak mendapat pembaruan.

Ketiga model tersebut memiliki dimensi yang sama, yakni panjang 4.795 mm, lebar 1.855 mm dan tinggi 1.835 mm dan wheelbase 2.745 mm.

Baca juga: Platform Jual-Beli Mobil Bekas Ini Tawarkan Ragam Kemudahan

Bicara soal tampilan, hampir tidak ada perbedaan yang signifikan. Tampilan grill tampak lebih minimalis namun tetap terlihat modern dan gagah, persis seperti Fortuner Legender yang sebelumnya sudah meluncur di Thailand.

New FortunerKompas.com/Nanda New Fortuner

Hanya saja ada perbedaan pada bagian bumper depan dan bumper belakang untuk tipe SRZ, VRZ dan GR Sport. Untuk bagian bumper tipe SRZ dan VRZ tampak tangguh dengan bumper aksen silver, sementara untuk GR Sport bentuk bumper tampil lebih agresif.

Berlanjut ke bagian kaki-kaki, untuk tipe SRZ dan VRZ dibekali pelek berukuran 18 inci berwarna hitam. Adapun untuk Fortuner GR Sport tampilan pelek lebih gagah dengan model two tone.

Masuk ke bagian interior, layout New Fortuner masih sama seperti model sebelumnya. Tidak ada perbedaan yang mencolok. Namun, untuk model GR mendapat tambahan jahitan berwarna merah, seperti pada bagian dasbor, jok, setir dan door trim.

New FortunerKompas.com/Nanda New Fortuner

Baik tipe SRZ, VRZ, maupun GR Sport sudah disematkan head unit berukuran 9 inci yang sudah terintegrasi dengan New T-intouch, sementara di baris kedua terdapat layar infotainment berukuran 11,6 inci.

Pada fitur keamanan, tipe GR Sport dan VRZ 2.8 sudah mendapat 7 SRS Airbags, sedangkan untuk Toyota Safety Sense (TSS) baru disematkan pada model GR Sport 2.8 dan VRZ TSS.

Bicara jantung pacu, tipe SRZ dibekali mesin bensin 2.700 cc dengan output 160 Tk pada 3.400 rpm dan torsi 245 pada 4.000 rpm.

New FortunerKompas.com/Nanda New Fortuner

Adapun untuk tipe VRZ dan GR Sport disematkan mesin 1GD berkapasitas 2.800 cc turbo diesel yang di atas kertas mampu memproduksi tenaga hingga 201 Tk pada 3.400 rpm dan torsi sebesar 499,1 Nm pada putaran 1.600 sampai 2.800 rpm.

Baca juga: Video Viral, Truk Zig-zag dan Oleng Hampir Menimpa Pengendara Motor

New Fortuner dibanderol mulai Rp 614.000.000 untuk tipe 2.7 SRZ, hingga Rp 761.700.000 untuk tipe tertinggi yakni 2.8 GR-S.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau