Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rasanya Duduk di Kursi Penumpang Mobil Listrik Zeekr X

Kompas.com - 16/09/2024, 13:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


NINGBO, KOMPAS.com - Zeekr X akan meluncur di Indonesia pada akhir 2024. Mobil SUV ringkas atau crossover lima penumpang ini akan jadi andalan Zeekr menembus pasar otomotif Tanah Air.

Sebelum resmi meluncur, Kompas.com mendapat kesempatan menjajal Zeekr X langsung di China. Kesempatan ini juga spesial sebab test drive dilakukan di Sirkuit Internasional Ningbo, China.

Baca juga: Jadwal MotoGP Emilia Romagna 2024, Balapan Digelar Akhir Pekan Ini

Penjelasan mengenai impresi dan rasa berkendara sudah dijelaskan pada tulisan sebelumnya. Kali ini Kompas.com akan membahas rasanya duduk di bangku penumpang Zeekr X, apalagi tak cuma duduk jadi penumpang tapi duduk jadi penumpang saat tes di sirkuit.

Zeekr XFoto: Zeekr Zeekr X

Untuk diketahui Zeekr X yang Kompas.com coba ialah versi China karena bagian belakangnya tidak punya gagang pintu. Untuk membuka pintu cukup tekan tombol di pilar C.

Interior Zeekr X pada dasarnya menawarkan kesan “muda." Model yang Kompas.com coba berlabur warna putih. Buat yang merasa terlalu terang, versi globalnya ada warna hitam yang kemungkinan bakal masuk ke Indonesia.

Dimensi Zeekr X memiliki panjang 4.432 mm, lebar 1.836, tinggi 1.566 mm dan jarak sumbu roda 2.750 mm. Dimensinya sedikit lebih kompak dari BMW iX1 dengan panjang 4.500 mm, lebar 1.845 mm dan tinggi 1.616 mm.

Baca juga: Footstep Sepeda Motor yang Tidak Dipakai Sebaiknya Ditutup

Untuk proporsi 168 cm dan berat 80 kg, bangku belakang Zeekr X termasuk nyaman. Ruang kepala bagian atas cukup besar, kaki juga tidak mentok dengan jok di depannya.

Zeekr XFoto: Zeekr Zeekr X

Namun mengenai kelegaan samping belum dapat dirasakan. Sebab saat tes Kompas.com duduk sendiri di belakang, hanya ditemani dengan beberapa perangkat untuk merekam.

Mengenai posisi duduk terbilang nyaman. Posisi head rest sesuai dengan tinggi kepala penumpang, joknya juga tidak terlalu rebah sehingga masih dalam posisi sporty.

Saat melaju di lintasan dan melibas tikungan, body roll terbilang baik dan mobil luncur sempurna, namun sebagai penumpang tetap terasa goyang.

Baca juga: Periklindo Sukses Gelar Konferensi di Bali

Zeekr XFoto: Zeekr Zeekr X

Zeekr X dibekali motor elektrik ganda yang sanggup 422 Tk dan torsi 543 Nm. Catu daya disokong baterai 66 kWh tipe NMC (nikel mangan kobalt).

Mobil dapat berakselerasi dari 0-100 kilometer per jam hanya dalam 3,7 detik. Sistem pengereman memungkinkan mobil berhenti dari kecepatan 100 kpj-0 kpj dalam jarak 34,5 m.

Di China alias negara asalnya, konsumen dapat memilih dua tipe penggerak. Tipe penggerak roda depan (RWD) mampu menempuh jarak 560 km sekali isi baterai, sedangkan tipe penggerak semua roda (AWD) sejauh 512 km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau