Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Pertamax Turun, Hitung Biaya Isi Bensin Full Toyota Avanza dkk

Kompas.com - 01/09/2024, 16:49 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina kembali melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) non-subsidi mulai 1 September 2024. Salah satunya adalah Pertamax yang memiliki RON 92 turun Rp 750, dari sebelumnya Rp 13.700 per liter menjadi Rp 12.950 per liter.

Penurunan harga jual bahan bakar minyak (BBM) non subsidi Pertamax itu sedikit banyak tentu akan mempengaruhi belanja harian. Satu di antaranya, konsumsi untuk isi bensin kendaraan bermotor secara penuh pada jenis BBM Pertamax, khususnya untuk mobil pribadi.

Guna melihat secara langsung dampak penurunan BBM terhadap konsumsi BBM harian pada mobil, Kompas.com membuat simulasinya.

Baca juga: Terseok di Sprint Race MotoGP Aragon 2024, Bagnaia Salahkan Trek

Pada artikel ini, kendaraan yang digunakan berjenis Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) dengan pengisian BBM jenis Pertamax.

Tampilan Hyundai Stargazer yang mejeng di GIIAS 2024. Dok. Hyundai Tampilan Hyundai Stargazer yang mejeng di GIIAS 2024.

Mengingat, kendaraan tersebut populasinya jadi salah satu yang cukup banyak di Indonesia karena dinilai cukup efisien dan mampu mengakomodasi banyak penumpang.

Contoh pertama untuk mobil sejuta umat si kembar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, yang memiliki kapasitas tangki bahan bakar 43 liter. Kalau sebelumnya untuk mengisi penuh butuh Rp 589.100 kini menjadi Rp 556.850.

Baca juga: Link Live Streaming MotoGP Aragon 2024, Momen Ancaman Marquez

Biaya lebih besar harus dikeluarkan pemilik Suzuki Ertiga, Mitsubishi Xpander, dan Nissan Livina karena kapasitas tangkinya 45 liter. Dengan metode yang sama, dibutuhkan kocek Rp 582.750 untuk mengisi BBM Pertamax full tank.

Sedangkan untuk Hyundai Stargazer yang memiliki kapasitas tangki 40 liter mengeluarkan biaya paling sedikit. Pemilik Stargazer cukup merogoh kocek Rp 518.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau