Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Momen Penggunaan Setengah Kopling yang Benar

Kompas.com - 30/08/2024, 17:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Penggunaan setengah kopling memiliki peran penting dalam pengoperasian mobil manual, namun harus dilakukan dengan hati-hati dan pada momen tertentu saja.

Pasalnya, masih banyak ditemui pengguna mobil manual yang asal menggunakan setengah kopling, padahal jika dilakukan terus-menerus dalam situasi tidak tepat bisa membuat komponen ini cepat aus.

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service mengatakan, penggunaan setengah kopling yang tepat hanya saat awalan saja.

Baca juga: Jangan Lakukan Hal Ini Saat Ganti Oli Mesin Mobil

Wuling Confero S ACT dengan transmisi manual enam percepatan tanpa ada pedal kopling. Wuling Confero S ACT dengan transmisi manual enam percepatan tanpa ada pedal kopling.

“Nah betul, hanya saat awalan saja. Melepas pedal kopling juga harus lembut,” kata Muchlis kepada Kompas.com, Jumat (30/8/2024).

Melepas pedal kopling dengan pelan dan seirama dengan menginjak pedal gas membuat transisi antara gigi menjadi lebih halus, sehingga mencegah kendaraan tersentak.

Bahkan, saat berhenti di tanjakan melakukan setengah kopling untuk menahan mobil agar tidak mundur juga tidak diperbolehkan.

Baca juga: Edukasi Publik Soal Pembuatan Polisi Tidur Perlu Ditingkatkan


Untuk situasi berhenti di tanjakan, lebih disarankan untuk menggunakan hand rem sebagai pengganti setengah kopling untuk menghindari kerusakan pada kopling.

“Kalau tanjakan sangat tidak dianjurkan, kondisi beban berat kalau main setengah kopling dalam hitungan menit kopling habis, lebih dianjurkan main handrem saja,” kata Muchlis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau