Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumen Menanti Kepastian Harga dan Motor Listrik Yamaha

Kompas.com - 24/08/2024, 15:02 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com – Motor listrik Yamaha E01 telah menjalani uji coba lewat program bertajuk Proof of Concept (PoC) semenjak dikenalkan pada November 2022.

Kini, riset PoC Yamaha sudah rampung dilakukan. Selanjutnya data yang didapat dari hasil pengetesan motor listrik E01 dan survei ke konsumen, akan digunakan untuk pengembangan motor listrik yang akan meluncur.

Joni Lie, GM Marketing & Promotion PT Alfa Scorpii (Main Diler Yamaha Sumatera bagian utara), mengatakan, respon konsumen terhadap Yamaha E01 sangat baik.

Baca juga: CFMoto 150 SC Segera Meluncur, Pesaing NMAX dan PCX

Yamaha E01 saat disandingkan dengan Yamaha NMAX gen pertamaKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Yamaha E01 saat disandingkan dengan Yamaha NMAX gen pertama

Namun ada beberapa hal yang masih mengganjal di benak konsumen, yaitu terkait harga jual dan model yang bakal dipasarkan.

“Biasanya konsumen itu semuanya pengin, tapi kalau harga sudah keluar, dan tidak sesuai harapan, mereka enggak jadi beli,” ujar Joni, kepada Kompas.com (20/8/2024).

“Mereka tunggu harga yang menarik, dan modelnya sebenarnya kan belum tentu seperti ini. Kan ini hanya untuk uji coba saja, kami belum tahu. Makanya teman-teman, terutama yang kelas atas, mereka ini menunggu sih,” kata dia.

Baca juga: 10 Provinsi Gelar Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor

Joni menambahkan, rata-rata konsumen mengagumi performa dan kualitas material dari Yamaha E01.

“Cuma masalahnya, kapan keluar, harga berapa, dan modelnya seperti ini tidak? Kalau model seperti ini, harga cocok, oke kita angkat, begitu katanya,” ucap Joni.

Sebelumnya, President Director & CEO, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Dyonisius Beti mengatakan, motor listrik Yamaha belum akan meluncur pada tahun 2024.

Baca juga: PO Rosalia Indah Rilis Bus Pakai Bando Model Baru

Tiga orang terpilih menjajal motor listrik Yamaha E01 selama 8 jam berkeliling Jakarta melewati berbagai kondisi jalanan perkotaan. Foto: Yamaha Tiga orang terpilih menjajal motor listrik Yamaha E01 selama 8 jam berkeliling Jakarta melewati berbagai kondisi jalanan perkotaan. 

“Memang banyak pertanyaan tentang motor listrik, kami punya beberapa tipe, yang mirip Nmax itu namanya E01,” ujar Dyon di Jakarta (12/6/2024).

“Dan kami sudah tes lebih dari 5.000 konsumen di Indonesia, dan semua bilang ini motor listrik yang terbaik,” kata dia.

Sebagai informasi, Yamaha E01 memiliki profil tenaga 8,1 kW atau setara 10,8 Tk pada 5.500 rpm dan torsi 30,2 Nm pada 1,950 rpm.

Sementara itu, kecepatan maksimal yang sanggup diakomodasi motor ini adalah 100 kpj. Sedangkan jarak tempuhnya bisa mencapai 100 Km, dari baterai penuh sampai melakukan pengisian kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau