Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Mengganti Oli Kendaraan Secara Teratur

Kompas.com - 24/08/2024, 11:13 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat kendaraan baik mobil ataupun motor menjadi salah satu kewajiban bagi setiap pemilik, agar kendaraan tersebut tetap memiliki performa yang baik dan prima.

Salah satu perawatan mobil yang penting dilakukan yaitu mengganti oli kendaraan secara rutin. Jika terlambat atau bahkan tidak ganti oli, dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan serius pada mesin kendaraan.

Fungsi oli di dalam kendaraan sebagai pelumas yang melindungi mesin dari gesekan, melapisi komponen, pembersih sisa hasil pembakaran, peredam panas, anti korosi, serta peredam getaran.

Baca juga: Kapan Harus Ganti Oli Mesin Mobil untuk Menghindari Sludge?


Imran Razy, General Manager PT Nippon Oil Indonesia, produsen dan pemasar produk oli ENEOS mengatakan, penggantian oli merupakan suatu hal yang wajib dilakukan.

“Adanya pelumasan di setiap mesin kendaraan sangat penting, hal itu terkait dengan kinerja dan performa kendaraan itu sendiri,” ucap Imran dalam keterangan resmi, Sabtu (24/8/2024).

Imran mengatakan interval penggantian oli yang dianjurkan yaitu rutin setiap 5.000 - 10.000 Km untuk mobil dan 3.000 – 4.000 Km untuk kendaraan motor (tergantung pemakaian).

Baca juga: Sering Gonta-ganti Merek Oli Mesin Bisa Berdampak Buruk

Manfaat penggantian oliIST Manfaat penggantian oli

Selain rutin ganti oli, menurut Imran, penting juga untuk memilih kualitas dan spesifikasinya guna menjaga performa kendaraan tetap prima.

“Tidak bisa asal pilih! Jika Anda asal pilih oli dan ternyata kualitasnya tidak bagus atau tidak sesuai dengan jenis kendaraan, akan menyebabkan kerusakan pada mesin sehingga performa kendaraan akan menurun,” ucap Imran.

Imran mengatakan, penting menyesuaikan tingkat kekentalan oli dengan masing-masing jenis kendaraan dan pada umumnya sudah direkomendasikan di buku manual kendaraan.

Baca juga: Ketahui Tanda Oli Mesin Mobil Berubah Menjadi Sludge

“Mobil keluaran baru membutuhkan kekentalan lebih cair seperti 0W-20, sementara kendaraan tahun lama butuh yang lebih kental seperti 20W-50, 10W-40 atau lainnya,” ucap Imran.

Saat ini, menurut Imran, pabrikan terus berlomba-lomba menghadirkan kendaraan berteknologi baru. Maka dari itu, pemilihan kualitas oli kendaraan menjadi hal penting, karena harus memiliki kualitas seimbang dengan tuntutan kendaraan.

ENEOS menyediakan rangkaian pelumas berkualitas tinggi yang disesuaikan untuk mobil dan motor pabrikan Jepang di Indonesia, dengan berbagai pilihan kekentalan, mulai dari kendaraan keluaran tahun lama, mobil berteknologi Hybrid dan turbo serta varian oli untuk mobil berbahan bakar diesel dan bensin.

Baca juga: Ini Faktor yang Menyebabkan Oli Mesin Menjadi Lumpur

ENEOS X SeriesIST ENEOS X Series

Tahun ini, ENEOS meluncurkan varian produk terbarunya untuk oli mobil, yaitu ENEOS X Series yang disempurnakan dengan New Additive Titanium, teknologi aditif terbaru dan pertama di Indonesia.

Aditif Titanium diklaim mampu memberikan perlindungan hingga ke komponen terkecil pada mesin, menjadikan mesin minim getaran sehingga memberikan pengalaman kenyamanan berkendara yang sesungguhnya.

"Oli ENEOS diproduksi dengan teknologi tinggi, menggunakan base oil dan aditif pilihan, mampu memenuhi harapan setiap pemilik kendaraan guna memastikan kendaraan yang dipakainya akan memiliki performa terbaik," ucap Imran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau