Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Kona Electric Jadi Taksi Blue Bird di IKN

Kompas.com - 15/08/2024, 10:02 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Kona Electric milik Blue Bird akan jadi salah satu taksi listrik pertama yang beroperasi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Belum lama ini Blue Bird membeli 10 unit Kona Electric untuk dijadikan taksi. Prosesi penyerahan unit dilakukan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.

Direktur Utama PT Blue Bird Tbk Andre Djokosoetono mengatakan, 10 unit Kona Electric tersebut merupakan bagian E-Bluebird di IKN.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Andre Djokosoetono (@andre.djokosoetono)

"Kehadiran armada ini sebagai bentuk nyata atas komitmen investasi dan kontribusi Bluebird di IKN yang telah diresmikan akhir tahun lalu," ujar Andre kepada Kompas.com, Selasa (30/7/2024).

"Kehadiran Hyundai Kona merupakan penanda kehadiran kami di IKN untuk mendukung mobilitas ramah lingkungan. Saat ini, kami masih terbuka dengan semakin banyaknya pilihan kendaraan listrik yang tersedia di Indonesia," kata Andre.

Jika melihat dari tampilannya Kona Electric yang dipakai taksi Blue Bird ialah varian Style yang merupakan tipe paling terjangkau dari keluarga Kona Electric.

Baca juga: Dominasi MotoGP 2024, Bagnaia Belum Puas dengan Motor Ducati Saat Ini

Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer (COO) PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), mengatakan, tipe Style memang dikhususnya untuk penjualan fleet atau borongan untuk perusahaan.

“Yang Rp 499 juta memang kami khususnya buat pengguna fleet,” ujar Frans yang ditemui belum lama ini.

All New Hyundai Kona ElectricKOMPAS.com/Gilang All New Hyundai Kona Electric

“Adapun yang menjadi perbedaan ialah beberapa fitur, kalau kita bilang misalkan all view around vehicle itu hanya untuk Prime, nah itu yang berbeda,” ujar Frans.

Baca juga: Mazda EZ-6 Jadi Produk Global, Masuk Indonesia?

Kona Electric merupakan Sport Utility Vehicle (SUV) berukuran kompak, panjangnya 4.350 mm, lebar 1.825 mmi, tinggi 1.575 mm, dan wheelbase 2.660 mm.

Kona Electric versi tertinggi akan dibekali baterai 64,8 Kilowatt Hour (KwH), dengan klaim daya jelajah hingga 420 kilometer dalam sekali pengisian daya penuh.

Tidak hanya itu, mobil listrik baru ini juga sudah mampu mengisi ulang baterainya dari 10 persen menjadi 80 persen dalam 43 menit, selama pengisian daya DC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau