Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seal Jadi Produk Terlaris BYD di Indonesia, Ini Alasannya

Kompas.com - 15/08/2024, 08:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Build Your Dream (BYD) mulai memasok empat produk andalannya ke pasar dalam negeri untuk kemudian dikirimkan kepada para pemesan pertama sejak Juni 2024.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sedikitnya terdapat total 3.521 unit mobil listrik yang sudah masuk ke Indonesia hingga saat ini.

Menariknya, dari jumlah kendaraan yang dikirim dari China secara utuh (completely built-up/CBU) tersebut, 56 persennya merupakan model paling mahal, yaitu Seal.

Baca juga: Mobil Listrik Terlaris Juli 2024, BYD Geser Wuling dan Hyundai

Mobil listrik BYD Atto 3Kompas.com/Donny Mobil listrik BYD Atto 3

Sementara produk lainnya seperti Atto 3 hanya mencakup 388 unit, Dolphin 207 unit, dan mobil listrik 7-penumpang terbaru BYD M6 sebanyak 40 unit.

Kepala Marketing dan Komunikasi PT BYD Motor Indonesia Luther T Panjaitan menjelaskan, hal ini dikarenakan Seal memiliki daya tarik berbeda atas suatu sedan listrik berbasis baterai.

"Mobil juga sudah terpublikasi dengan baik di global baik dalam sisi performance, features, dan kemampuannya melesat lebih dari sedan dengan segmen yang sama. Bahkan sering diadu oleh beberapa jenama supercar," kata dia kepada Kompas.com, Rabu (14/8/2024).

"Sehingga membangun product perception khusus di beberapa orang. Pada akhirnya, banyak emotional buyer yang tidak ragu, langsung order dan ini sudah kita prediksi," lanjut Luther.

"Apalagi ketika juga tau harganya cukup terjangkau," ujarnya.

Namun pada jangka panjang, kata Luther, para emotional buyer ini akan habis dan berganti dengan rational buyer atau para konsumen yang membeli mobil karena fungsi atau kegunaannya.

Baca juga: BYD Luncurkan Seal Model 2025, Apa Saja Pembaruannya?

Test drive BYD M6BYD Indonesia Test drive BYD M6

Sehingga, peminat Atto 3, Dolphin, khususnya M6 sebagai mobil keluarga akan meningkat drastis melebihi model Seal.

"Kita juga prediksi dalam jangka panjang, rational buyer akan semakin mendominasi melalui produk-produk kami lainnya karena kepercayaan brand sudah mulai terbentuk," ucap dia.

"Pencapaian di GIIAS kemarin sudah menjadi signal positive ya, dimana BYD M6 pertama kali secara global diperkenalkan ke Indonesia namun bisa langsung mendominasi order," kata Luther.

Untuk diketahui, mobil termurah yang dijual BYD saat ini adalah Dolphin dengan rentang harga Rp 365 juta sampai Rp 425 juta.

Kemudian diikuti oleh M6 dengan Rp 379 jutaan hingga Rp 429 juta serta Atto 3 Rp 465 juta sampai Rp 515 juta. Sementara itu, Seal dijual pada harga Rp 629 juta - Rp 719 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau