Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tuntaskan Perjalanan 5.647 Km, Baterai Ioniq 5 Diklaim Masih Aman

Kompas.com - 10/08/2024, 20:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua unit Hyundai Ioniq 5 rakitan dalam negeri telah sukses melakukan perjalanan 5 negara sejauh 5.647 kilometer, bersama tiga produk lainnya dari Singapura.

Tur ini melewati kota di ASEAN seperti Singapura, Kuala Lumpur, Ipoh, Penang, Hat Yai, Chumphon, Bangkok, Siem Reap, Phnom Penh, dan Ho Chi Minh selama 17 hari.

Head of Marketing & Public Relation Hyundai Motor Asia Pacific Sangwook Lee menyampaikan selama kegiatan tersebut pihaknya juga turut membawa insinyur dan teknisi Hyundai.

Baca juga: Tempuh Perjalanan 5 Negara, Hyundai Ioniq 5 Cetak Rekor MURI

Hyundai Ioniq 5 Cetak Rekor MURIKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Hyundai Ioniq 5 Cetak Rekor MURI

"Hasilnya, kita tidak menemukan masalah berarti. Selama perjalanan kita membawa dua Creta yang mengikuti, ada teknisi dan insinyur di sana jadi kalau ada masalah selama perjalanan mereka bisa langsung memperbaikinya," kata dia di Jakarta, Kamis (8/8/2024).

"Namun ternyata mereka tidak melakukan apapun, hanya mengikuti. Jadi secara total kondisinya bagus, tidak ada masalah dan isu apapun," lanjut Lee.

Sementara soal kondisi baterai, Lee menyebut berdasarkan parameter State of Health (SoH) atau indikator kesehatan baterai, setelah menempuh perjalanan jauh kondisi Ioniq 5 tanpa masalah.

Hanya saja dirinya tidak menjelaskan lebih rinci berapa presentase atau angka dari SoH tersebut, termasuk penurunan kualitas baterai-nya.

"Kita review SoH untuk melihat bagaimana kondisi baterai itu, berdasarkan informasi teknisi, tidak ada masalah dari SoH-nya. Tapi kita tidak bisa membuka berapa besaran angkanya, saya bisa menjamin tidak ada masalah yang signifikan," kata Lee.

Baca juga: Apakah Kaca Film Mobil Berbahan Metal Bisa Mengganggu Sinyal Ponsel?

Catatan MID Ioniq 5 yang melintasi 5 negaraKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Catatan MID Ioniq 5 yang melintasi 5 negara

"Melalui perjalanan ini kita membuktikan bahwa kualitas kendaraan yang dipakai, buatan Indonesia, reliable melintasi perbatasan, melakukan perjalanan jarak jauh," tutupnya.

Untuk diketahui, Hyundai yang digunakan selama perjalanan adalah tipe Long Range. Tipe Prime Long Range dan Signature Long Range menggunakan baterai berkapasitas 72,6 kWh yang bisa memuntahkan tenaga 217 PS dan torsi 350 Nm.

Di atas kertas, mobil tersebut bisa dikendarai sejauh 481 kilometer dalam sekali pengisian penuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau