Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Spesifikasi MPV, Nissan Serena e-Power Vs Toyota Voxy

Kompas.com - 10/08/2024, 17:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nissan Serena e-Power sudah resmi meluncur. Multi purpose vehicle (MPV) ini hadir dengan banyak pembaruan untuk menantang Toyota Voxy.

Jika dibandingkan, kedua MPV ini memang sepadan. Khususnya, dari segi harga. Pasalnya, Serena e-Power dibanderol Rp 635 juta. Sedangkan Voxy, harganya mulai dari Rp 615 juta hingga Rp 618 juta.

Baca juga: Dampak Bila Performa Mesin ICE Serena e-Power Menurun

Serena e-Power dibanderol lebih mahal, padahal kapasitas mesinnya lebih kecil dari Voxy. Nissan membekalinya dengan mesin 1.433 cc, 3-silinder, HR14, e-Power.

Komparasi Nissan Serena e-Power dan Toyota VoxyKompas.com/Adityo Komparasi Nissan Serena e-Power dan Toyota Voxy

Mesinnya dipadukan dengan sistem transmisi otomatis. Dengan mesin tersebut, Serena e-Power mampu menghasilkan tenaga sebesar 134 Tk dan torsi 315 Nm.

Sedangkan pada Voxy, Toyota mengandalkan mesin 1.986 cc, 4-silinder, M20A-FKS. Mesinnya dipadukan dengan sistem transmisi CVT. Tenaganya lebih besar, yakni 167 Tk, dan torsinya 202 Nm.

Baca juga: Ada Perbedaan Perawatan Serena C28 dengan Tipe Sebelumnya

Untuk dimensinya, kedua MPV ini tidak jauh berbeda. Serena e-Power punya panjang 4.765 mm, lebar 1.715 mm, tinggi 1.885 mm, dan jarak sumbu roda 2.870 mm. Sementara pada Voxy, panjangnya 4.695 mm, lebar 1.730 mm, tinggi 1.855 mm, dan jarak sumbu roda 2.870 mm.

Serena e-Power GIIAS 2024NMDI Serena e-Power GIIAS 2024

Soal fitur, Serena e-Power dibekali dengan head unit layar sentuh yang lebih lebar, yakni 12,3 inci. Sementara pada Voxy, layarnya berukuran 9 inci. Tapi, untuk fitur keselamatan aktif, keduanya memiliki kelengkapan fitur yang sama.

Soal konsumsi BBM, Serena e-Power jelas lebih unggul, karena sudah mengadopsi teknologi hybrid. Nissan mengeklaim konsumsi BBM Serena e-Power mencapai 19 kilometer per liter. Sedangkan Voxy, konsumsi BBM yang dihasilkan berkisar antara 10 kilometer per liter hingga 11 kilometer per liter.

Secara kapasitas mesin dan performa, Voxy memang lebih unggul. Sementara Serena e-Power, lebih mengutamakan pada efisiensi bahan bakar dan tentunya emisi yang dihasilkan juga lebih rendah. Meskipun, harga Serena sedikit lebih tinggi dibandingkan Voxy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau