Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Kaca Film Mobil Berbahan Metal Bisa Mengganggu Sinyal Ponsel?

Kompas.com - 10/08/2024, 13:22 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kaca film menjadi salah satu aksesori mobil yang banyak digunakan dengan beragam manfaatnya. Selain meningkatkan estetika kendaraan, kaca film juga membantu mengurangi panas dari sinar matahari, melindungi interior mobil dari kerusakan akibat UV, dan menjaga privasi penumpang.

Seiring dengan kemajuan teknologi otomotif, kaca film mobil kini tersedia dalam berbagai bahan dasar, termasuk keramik, metal, dan bahan kimia lainnya. Pilihan ini menawarkan berbagai manfaat mulai dari perlindungan terhadap panas hingga peningkatan estetika kendaraan, serta memengaruhi biaya pemasangan.

Namun, satu pertanyaan yang kerap muncul bagi pemilik mobil adalah apakah kaca film berbahan metal dapat mempengaruhi kualitas sinyal ponsel di dalam mobil.

Baca juga: Awas Macet, Mulai Hari Ini Ada Pekerjaan Jalan di Tol Jakarta-Tangerang

Menanggapi kekhawatiran ini, Monita Cherline, Promotion & Advertising Manager di V-KOOL, memberikan penjelasan yang menenangkan.

"Gelombang penolakan infra merah (IR) dan ultraviolet (UV) dari sinar matahari berada di area yang berbeda dengan gelombang sinyal ponsel," kata Monita kepada Kompas.com, Jumat (9/8/2024).

Ilustrasi kaca filmIlham Karim/Kompas.com Ilustrasi kaca film

Monita juga menambahkan bahwa kaca film berbahan metal telah dirancang sedemikian rupa untuk tetap memberikan perlindungan maksimal dari panas matahari tanpa mengorbankan kualitas sinyal telekomunikasi di dalam mobil.

"Untuk kaca film berbahan dasar metal, tentu tidak akan mengganggu sinyal ponsel," tegasnya.

Selain itu, Monita juga menjelaskan bahwa teknologi yang digunakan dalam pembuatan kaca film saat ini semakin canggih, sehingga produsen selalu mengupayakan agar produknya tidak hanya melindungi penumpang dari panas matahari, tetapi juga tidak mengganggu fungsi-fungsi penting lainnya seperti komunikasi.

Baca juga: Masih Bisa Menyetel Rem Tangan Mobil Kurang Pakem

Untuk itu, pengguna mobil tidak perlu khawatir akan kehilangan sinyal ponsel meskipun mobil mereka dilengkapi dengan kaca film berbahan metal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau