Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedal Rem MPV Listrik M6 Bikin Kagok, Ini Penjelasan BYD

Kompas.com - 07/08/2024, 13:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BYD M6 menjadi pilihan multi purpose vehicle (MPV) listrik keluarga yang diperkenalkan oleh BYD Motor Indonesia, tepatnya di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.

Redaksi Kompas.com bersama rekan-rekan media lainnya mendapat kesempatan mencoba BYD M6 dengan rute Jakarta-Bandung, pada Senin (5/8/2024), untuk menikmati sensasi MPV listrik pertama di Indonesia.

Secara umum, mobil ini cukup mumpuni dibawa perjalanan jarak jauh dengan kondisi jalan yang beragam. Namun ada hal yang menjadi sorotan Kompas.com adalah desain pedal rem BYD M6 yang dibuat lebih maju atau tidak sejajar dengan pedal gas.

Baca juga: Mengenal Komponen Sistem Pendingin Mobil dan Sistem Kerjanya

Pedal rem yang dibuat lebih tinggi dari pedal gas membuat redaksi sedikit ‘kagok’ ketika ingin melakukan pengereman mendadak. Perpindahan kaki yang tidak biasa membuat pengereman menjadi tidak smooth.

Desain pedal gas dan rem BYD M6Dok Ratih Desain pedal gas dan rem BYD M6

Terkait hal ini, pihak BYD mengatakan bahwa seluruh desain pada mobil M6 sudah disesuaikan dengan pasar Indonesia. Namun, terkait sensitivitas pengereman sebetulnya sudah bisa diatur melalui kontrol head unit.

“Pengereman sendiri untuk pedal bisa di adjust, dari head unit juga bisa di set (sensitivitas nya) comfort atau sport,” ucap Adzhar Ibrahim, Aftersales, BYD Motor Indonesia.

Baca juga: Jangan Abai pada Sistem Pendinginan Mobil, Efeknya Bisa Fatal

“Tapi secara sistem pengereman kita sudah pakai EPB, kita tidak pake vakum lagi tapi motor, sehingga hasilnya jadi lebih responsif diklaimnya seperti itu. Namun, nanti misal ada feedback yang kurang enak (terkait desain) bisa kita adjust,” lanjutnya.

Sebagai informasi, BYD M6 sudah dibekali dengan sistem pengereman Anti-Lock Braking System (ABS), Electric Parking Brake System (EPB), Electronic Brake-force Distribution (EBD), serta Coordinated regenerative braking system (CRBS) yang diklaim mampu melindungi penumpang dan memberikan pengalaman berkendara yang aman.

Menyoal spesifikasi, BYD dibekali dua pilihan baterai. Pertama baterai berkapasitas 71.8 kWh yang mampu menghasilkan jarak tempuh 530 Km. Pilihan baterai lainnya berkapasitas 55.4 kWh yang bisa menempuh jarak 420 Km.

BYD M6 dijual mulai Rp 379 juta untuk tipe standar 7 seater, Rp 419 juta untuk tipe Superior 7 seater, dan Rp 429 untuk tipe Superior Captain Seat 6 seater.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau