Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbandingan Biaya MPV Listrik dan Mobil Bensin Jakarta-Bandung

Kompas.com - 07/08/2024, 11:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil listrik dipercaya merupakan moda transportasi yang akan menggantikan mobil bahan bakar konvensional atau Internal Combustion Engine (ICE) di masa depan.

Mobil listrik dinilai memiliki keunggulan, pertama nol emisi sehingga ramah lingkungan dan kedua biaya pemakaian lebih murah.

Biaya pemakaian dihitung dari biaya jalan. Jika mobil bahan bakar minyak (BBM) pakai bensin atau solar, maka mobil listrik dengan mengecas setelah sebelumnya membeli daya listrik.

Baca juga: Penggunaan Minyak Rem Tidak Boleh Dicampur dengan Beda Merek

Pada tulisan kali ini, Kompas.com akan mengulas perbandingan biaya cas mobil listrik dan isi mobil bensin dengan rute Jakarta-Bandung. Mobil yang digunakan sebagai pembanding adalah MPV listrik BYD M6 dengan MPV konvensional Toyota Avanza.

Sebelumnya redaksi telah menjajal BYD M6 tipe Superior Captain Seat dengan rute Jakarta-Bandung. Mobil ini dibekali baterai dengan kapasitas 71,8 kWh dan bisa dipakai untuk menjelajah 530 Km.

Konsumsi baterai BYD M6BYD Indonesia Konsumsi baterai BYD M6

Usai dipakai menempuh jarak Jakarta-Bandung, MID BYD M6 menunjukkan total jarak tempuh 221 Km dan baterai terpakai 48 persen. Saat dihitung daya yang terpakai sebesar 25,9 kWh per 100 Km atau 3,8 Km per kWh.

Untuk diketahui saat ini biaya mengisi daya mobil listrik di SPKLU milik PLN sebesar Rp 2.466 per kWh.

Besaran biaya pengisian daya di SPKLU tersebut diatur dalam Peraturan Menteri ESDM Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2023 tentang Penyediaan Infrastruktur Pengisian Listrik Untuk Kendaraan Bermotor Berbasis Baterai.

Baca juga: Penggunaan Minyak Rem Tidak Boleh Dicampur dengan Beda Merek

Jika memakai asumsi biaya tersebut, maka total biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp 143.000 untuk menempuh jarak hingga 221 Km.

Toyota Avanza di Filipinatoyota.com.ph Toyota Avanza di Filipina

Bandingkan dengan mobil bensin, MPV Toyota Avanza, yang mana Kompas.com pernah melakukan tes konsumsi BBM dan hasil yang didapat 16,1 Km per liter menggunakan bensin Pertamax RON 92.

Dengan jarak Jakarta-Bandung 221 Km, maka Toyota Avanza membutuhkan sekitar 12 liter. Dengan harga Pertamax per 7 Agustus 2024 sebesar Rp 12.950, maka biaya yang dikeluarkan untuk bensin Rp 177.415.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau