Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya AHM Dongkrak UMKM Bengkel Binaan Naik Kelas

Kompas.com - 07/08/2024, 11:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam upaya mendorong UMKM bengkel otomotif naik kelas, PT Astra Honda Motor (AHM) melakukan pengayaan kompetensi bagi 21 anak muda yang tergabung dalam Astra Honda Youthprenurship Program (AHYPP).

Program yang digelar Yayasan Astra Honda Motor ini menjadi bentuk dukungan mengantarkan wirausaha muda berkontribusi dalam peningkatan lapangan pekerjaan, serta memajukan perekonomian wilayah sekitar.

Dalam kegiatan yang bertema "Satu Hati Menuju Kemandirian Ekonomi" di Training Center Astra Motor Bali, para peserta diperkuat dengan pendalaman materi tentang teknologi sepeda motor listrik, kemampuan pengembangan bisnis bengkel, serta pengolahan limbahnya.

Baca juga: Ada Konversi Motor Listrik Gratis, Kuota 500 Unit mulai Agustus 2024

Materi soal motor listrik berkaitan dengan perkembangannya, penanganan dari sisi keamanan, jenis motor penggerak, sampai pengetahuan terkait baterai.

Selain itu, peserta juga diajak saling bertukar pengalaman saat berkunjung ke bengkel binaan AHYPP, Esta Garage dan Bali Motor, dengan tujuan untuk peningkatan bisnis bengkel tingkat lanjut.

Tak lupa pembekalan soal peningkatan pengetahuan untuk pengembangan varian layanan juga diberikan, seperti restorasi, layanan painting, cuci motor, dan sewa unit motor. Termasuk edukasi manajemen risiko dan keuangan sebagai pelengkap materi pokok.

Ahmad Muhibbudin, Ketua Yayasan AHM mengatakan, pihaknya berkomitmen terus mendampingi para UMKM binaan AHYPP untuk naik kelas hingga menjadi bengkel yang mandiri dan berkelanjutan selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs).

Baca juga: Tanggapan Toyota Soal Pemerintah Batal Berikan Insentif Mobil Hybrid

Astra Honda Youthprenurship Program (AHYPP)AHM Astra Honda Youthprenurship Program (AHYPP)

"Peningkatan level UMKM bengkel di daerah masing-masing butuh sinergi kuat, konsistensi, dan semangat juang agar para pahlawan ekonomi ini dapat terus mengembangkan usahanya sesuai kebutuhan masyarakat dan perkembangan teknologi sepeda motor," ujar Muhib, dalam keterangan resminya, Selasa (6/8/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau