Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Mobil Listrik Sudah Diperkenalkan, tapi Belum Ada Banderol

Kompas.com - 07/08/2024, 11:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, ada banyak pabrikan mobil yang meluncurkan mobil listrik. Sebagian sudah berikut harganya, tapi sebagian lagi masih belum membanderolnya.

Tercatat, ada cukup banyak model yang sudah diperkenalkan, tapi belum resmi dipasarkan. Tak kurang dari tujuh model, yakni Aion Hyptec HT Gullwing, Chery iCar 03, DFSK Seres 9, MG M9, MG R7, MG IM LS6, dan Smart #3.

1. Aion Hyptec HT Gullwing

Hyptect HTdok.Aion Hyptect HT

GAC Aion sudah merilis Hyptec HT di Indonesia dengan dua varian, yakni Premium dan Ultra. Tapi, yang baru dibanderol hanyalah varian Premium dengan harga Rp 680 juta (OTR Jakarta). Sedangkan untuk tipe Ultra, harganya masih menyusul.

Perbedaannya ada pada bagian pintu, varian Ultra menggunakan pintu model gullwing. Jadi, pintu pada baris kedua akan terbuka ke atas. Hyptec menawarkan kabin yang sangat lapang. Kapasitas baterainya 83 kWh dan diklaim dapat menempuh jarak lebih dari 600 km.

Selain itu, tenaganya dapat mencapai 335 Tk dan torsi 430 Nm. Sehingga, kemampuan akselerasinya untuk 0-100 kpj dapat dicapai hanya dalam waktu 5,8 detik.

2. Chery iCar 03

Chery iCar 03 di GIIAS 2024.Ilham Karim/Kompas.com Chery iCar 03 di GIIAS 2024.

PT Chery Sales Indonesia (CSI) sudah membuka pemesanan untuk iCar 03. Meskipun harganya belum juga diumumkan, mobil listrik ini diklaim sudah mendapatkan pemesanan hingga ratusan unit.

Chery iCar 03 dibekali motor listrik yang mampu menghasilkan akselerasi dari 0-100 kpj dalam 6,5 detik. Kecepatan maksimal yang dapat dicapai adalah 150 kpj. Mobil ini dibekali baterai lithium iron phosphate (LFP) yang tersedia dalam tiga kapasitas, mulai 50,63 kWh, 65,69 kWh, hingga 69,77 kWh. Dengan kapasitas terbesar, iCar 03 dapat menempuh jarak hingga 501 km.

PT CSI belum bisa menjanjikan waktu peluncuran iCar 03 secara resmi. Namun, Chery berharap SUV listrik dari China itu akan hadir pada kuartal pertama tahun 2025.

3. DFSK Seres 9

Seres 9 conceptKompas.com/Nanda Seres 9 concept

PT Sokonindo Automobile (DFSK) menghadirkan MPV listrik Seres 9 pada GIIAS 2024. Mobil ini belum dijual secara resmi dan baru tahun depan rencananya akan diluncurkan. Sebab, DFSK masih melakukan riset terhadap pasar Indonesia, berapa harga yang pantas untuk Seres 9.

Seres 9 diklaim memiliki jarak tempuh hingga 630 Km. Kemampuan akselerasinya untuk 0-100 kpj dapat ditempuh hanya dalam waktu 4,3 detik. Mobil ini dilengkapi dengan teknologi Al (Artificial Intelligence) dengan lebih dari 300 fitur cerdas dan canggih.

4. MG M9

Tampak depan MG Maxus 9 di GIIAS 2024.Ilham Karim/Kompas.com Tampak depan MG Maxus 9 di GIIAS 2024.

MG Motor Indonesia kembali memamerkan MPV listrik 7-penumpang. Sebelumnya, mobil listrik ini diperkenalkan dengan nama Maxus 9. Kali ini, diperkenalkan lagi dengan nama MG M9.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau