Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Tanda Mesin Mobil Sedang Mengalami Overheat

Kompas.com - 06/09/2024, 10:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Kendala mesin pada mobil bisa muncul kapan saja. Bahkan, masalah seperti overheating atau panas berlebih bisa terjadi secara tiba-tiba dalam perjalanan.

Maka dari itu, pengemudi harus bisa mengetahui tanda-tanda mesin mobil sedang mengalami panas berlebih. Dengan demikian, bisa segera menepi untuk meminimalisasi kerusakan komponen.

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan mesin mobil yang sedang mengalami overheating akan terdeteksi oleh sistem lampu indikator.

Baca juga: Langkah Tepat Mengatasi Mobil Overheat Saat Berkendara


“Ketika suhu coolant mencapai batas tertentu, maka lampu indikator overheat akan menyala merah, sebagai informasi kepada pengemudi agar tidak memaksakan mobil terus dijalankan,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Kamis (5/9/2024).

Selain lampu indikator menyala, Hardi mengatakan, performa mesin akan mengalami penurunan secara signifikan, dampak dari panas berlebih pada area mesin.

“Panas berlebih akan mempengaruhi kemampuan komponen dan elemen pendukung kesempurnaan pembakaran seperti kepadatan udara, waktu terjadinya ledakan, dan sejenisnya,” ucap Hardi.

Baca juga: Air Coolant Radiator Bocor Bisa Picu Mobil Overheat

Ilustrasi mesin overheatShutterstock Ilustrasi mesin overheat

Hardi mengatakan area komponen mesin yang sangat panas akan membuat pembakaran terjadi lebih dini, sehingga tenaga yang dihasilkan berkurang. Selain itu, udara yang masuk cenderung lebih panas sehingga kurang padat.

“Bila kemampuan mesin sudah loyo, disertai suara mesin ngelitik dan embusan angin AC menjadi kurang sejuk secara tiba-tiba, bisa jadi mobil sedang mengalami overheating,” ucap Hardi.

Suhu mesin yang terlalu tinggi, menurut Hardi, akan mempengaruhi komponen lain sehingga performanya menurun termasuk AC.

Baca juga: Kenali Tanda Transmisi Mobil Matik Mengalami Overheat

Indikator suhu air radiator mobil menunjukkan overheatTangkapan layar Indikator suhu air radiator mobil menunjukkan overheat

“Jika diamati di tangki reservoir, maka coolant berpeluang meluap karena mendidih akibat panas berlebih di area water jacket, panas ini juga mereduksi kondensor sehingga AC-nya terganggu,” ucap Hardi.

Jadi, ketika sudah muncul tanda-tanda di atas, sebaiknya pengemudi segera menepi untuk melakukan pemeriksaan sistem pendingin, dan memperhatikan indikator suhu coolant agar tidak terjadi kerusakan komponen lebih parah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau