Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Menyalakan Mobil Matik Harus Injak Rem Dahulu

Kompas.com - 07/09/2024, 09:22 WIB
Selma Aulia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Pada mobil dengan transmisi matik modern, fitur start-stop engine telah disematkan sebagai pengganti anak kunci untuk menyalakan mesin.

Dengan adanya fitur ini pengemudi perlu menginjak pedal rem sebelum menyalakan mesin. Jika tidak diinjak, mesin tidak akan menyala meski sudah menekan tombol start-stop engine.

Iwan, Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic mengatakan, menyalakan mobil dengan fitur start-stop engine perlu sambil injak pedal rem.

Baca juga: Mengenal Ragam Jenis Sokbreker Sepeda Motor

Tombol untuk menonaktifkan fitur auto start stop, parking sensor, traction control, dan elevasi lampu utamaKOMPAS.com/Adityo Wisnu Tombol untuk menonaktifkan fitur auto start stop, parking sensor, traction control, dan elevasi lampu utama

“Rem diinjak selain untuk safety juga buat membebaskan tuas perseneling supaya bisa di geser dari P ke gigi lainnya,” kata Iwan kepada Kompas.com, belum lama ini.

Dengan cara tersebut, bisa mencegah kemungkinan kendaraan bergerak secara tidak sengaja dan memastikan bahwa perpindahan gigi dilakukan dengan aman saat mesin dinyalakan.

Selain itu, penggunaan pedal rem sebagai bagian dari proses ini juga membantu menjaga kontrol dan stabilitas kendaraan, mengurangi risiko kecelakaan atau kerusakan pada transmisi.

Baca juga: Strategi Toyota Hadapi Persaingan di Segmen Fortuner


Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi juga pernah mengatakan, menginjak rem saat menyalakan mobil matik bertujuan untuk keamanan.

“Menginjak rem terlebih dahulu sebelum menyalakan mesin mobil merupakan prosedur keselamatan, agar mobil tidak langsung bergerak atau jalan saat mesin hidup,” kata Didi.

Dengan mengikuti prosedur untuk menginjak pedal rem sebelum menyalakan mesin mobil matik, keselamatan pengemudi akan meningkat, serta kendaraan bisa beroperasi dengan baik dan aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau