Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Zenix, Paus Fransiskus Pakai Toyota Raize di Papua Nugini

Kompas.com - 06/09/2024, 18:51 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Paus Fransiskus dalam kunjungannya ke Indonesia tampil sederhana dengan menggunakan Toyota Innova Zenix Hybrid. Begitu pula dengan kunjungannya ke Papua Nugini, terlihat Paus Fransiskus hanya menggunakan Raize.

Setelah menderat di Bandara Internasional Jacksons, Paus Fransiskus langsung dijemput oleh rombongan. Terlihat Pemimpin Gereja Katolik Dunia itu duduk di baris depan kursi penumpang.

Baca juga: Sempat Berhenti karena Skandal, Produksi Raize-Rocky Hybrid Jalan Lagi

Raize berwarna putih yang digunakan juga terlihat standar, tidak ada modifikasi apa pun. Termasuk peleknya yang berwarna silver. Saat berkunjung ke Indonesia, Paus Fransiskus juga menggunakan Innova Zenix tanpa dilengkapi dengan bodi antipeluru.

Paus Fransiskus menggunakan Toyota Raize saat berkunjung ke Papua NuginiDok. Sky News Paus Fransiskus menggunakan Toyota Raize saat berkunjung ke Papua Nugini

Pelat nomor yang digunakan sama seperti ketika berkunjung ke Indonesia, yakni SCV 1, yang merupakan singkatan dari Status Civitatis Vaticanae dalam bahasa latin atau kalau diterjemahkan menjadi Negara Kota Vatikan.

Sementara rombongan mobil lainnya digunakan untuk mengawal Paus Fransiskus menggunakan Nissan Terra. Semuanya menggunakan warna putih.

Baca juga: Hasil Tes Tabrak Latin NCAP, Toyota Raize Cuma Dapat Satu Bintang

Raize merupakan salah satu mobil di segmen SUV ringkas yang cukup laris di pasar. Mobil ini dilengkapi head unit berukuran 9 inci, Push Start Button, Adaptable Auto AC, Power Mode, paddle shift, dan lainnya.

Paus Fransiskus menggunakan Toyota Raize saat berkunjung ke Papua NuginiDok. Sky News Paus Fransiskus menggunakan Toyota Raize saat berkunjung ke Papua Nugini

Soal fitur, Toyota juga membekali Raize dengan teknologi Toyota Safety Sense (TSS) untuk tipe tertinggi.

Teknologi tersebut meliputi banyak fitur, seperti Lane Departure Warning, Lane Departure Prevention, Pre-Collision Warning & Pre-Collision Braking, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, 6 airbag, dan lainnya.

Sedangkan untuk dapur pacu, tersedia dua pilihan mesin, yakni 1.0 L turbo dan 1.2 L non-turbo. Sistem transmisinya juga terdapat dua pilihan, transmisi manual dan CVT.

Namun, belum lama ini Raize yang diproduksi di Indonesia dites tabrak oleh Latin NCAP dan hanya mendapatkan nilai satu bintang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau