Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Macet, Rekayasa Lalin di Kelapa Gading Berlaku Pagi dan Sore

Kompas.com - 24/05/2024, 16:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Suku Dinas Perhubungan Jakarta Utara melakukan rekayasa arus lalu lintas (lalin) di Jalan Yos Sudarso, tepatnya di depan Mal Artha Gading, Kelapa Gading, Jakarta Utara, guna mengatasi kemacetan di kawasan tersebut, terutama pada pagi dan sore hari.

Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Utara, Hendrico Tampubolon mengatakan, rekayasa lalin ini dilakukan untuk memisahkan pergerakan kendaraan dari arah Jalan Mitra Sunter Boulevard (barat) dan dari arah flyover (selatan) yang akan berputar balik ke arah selatan.

"Rekayasa lalin ini bertujuan mengurangi penumpukan kendaraan dari dua arah yang kerap mengakibatkan terjadinya kemacetan di depan Mall Artha Gading," ujar Hendrico, dalam keterangan tertulis, Jumat (24/5/2024).

Baca juga: Cuti Bersama, Ganjil Genap Jakarta Tidak Berlaku Hari Ini

Kondisi jalan di Jalan Yos Sudarso, , Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara yang bergelombang.KOMPAS.com/BAHARUDIN AL FARISI Kondisi jalan di Jalan Yos Sudarso, , Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara yang bergelombang.

Hendrico menjelaskan, untuk kendaraan dari Jalan Mitra Sunter Boulevard (barat) yang akan menuju ke arah selatan dapat berputar balik di putaran Artha Gading.

"Untuk kendaraan dari arah flyover yang akan memutar ke arah selatan dapat berputar balik di putaran depan Showroom Toyota," ucap Hendrico.

Ia menambahkan, kendaraan dari arah Jalan Mitra Sunter Boulevard (barat) yang akan berputar balik ke arah selatan di putaran Artha Gading dapat menggunakan jalur kolong flyover untuk kemudian masuk area mixed traffic.

Baca juga: Berlaku Tahun Depan, NIK KTP Akan Gantikan Nomor SIM

"Bagi pengendara dari arah flyover (selatan) yang akan berputar balik ke arah selatan tidak dapat berputar di putaran Artha Gading. Mereka diarahkan untuk berputar balik di putaran berikutnya (putaran Toyota)," kata Hendrico.

Menurutnya, dalam rekayasa lalin tersebut telah dilakukan penggeseran pembatas jalan atau Movable Concrete Barrier (MCB) Transjakarta sejauh 3,5 meter ke arah barat di Jalan Yos Sudarso (sisi barat) mulai dari Halte Sunter Boulevard Barat ke arah Utara sampai dengan putaran Artha Gading.

"Kami juga telah mengatur pergerakan lalu lintas di ujung timur Jalan Danau Sunter Utara untuk memisahkan mobilitas kendaraan yang berputar dari barat dengan kendaraan yang melaju dari selatan ke utara di Jalan Yos Sudarso," ujar Hendrico.

Baca juga: Begini Posisi Tuas Transmisi Matik yang Benar Saat Lewat Turunan

Dinas Perhubungan Jakarta Utara bersama Satlantas Jakarta Utara melakukan pengalihan arus lalu lintas jalan di kawasan Mal Artha Gading, tepatnya di jalan Boulevard, Kelapa Gading Selatan Jakarta Utara pada Kamis (25/11/2021).KOMPAS.COM/ IRA GITA Dinas Perhubungan Jakarta Utara bersama Satlantas Jakarta Utara melakukan pengalihan arus lalu lintas jalan di kawasan Mal Artha Gading, tepatnya di jalan Boulevard, Kelapa Gading Selatan Jakarta Utara pada Kamis (25/11/2021).

Ia berharap, kebijakan rekayasa lalin ini dapat mengurai kemacetan yang terjadi di kawasan tersebut.

"Pelaksanaan rekayasa lalin ini kami akan evaluasi dalam satu bulan ke depan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com