Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Jalan Arteri dan Jalur Wisata

Kompas.com - 03/04/2024, 19:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan, mengatakan, pihaknya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas di jalan arteri dan jalur wisata pada musim mudik Lebaran 2024.

Menurut Aan, penerapan rekayasa lalu lintas di jalur wisata akan dilakukan secara lokal di daerah masing-masing.

“Untuk jalur wisata kita sudah siapkan juga rekayasa lalu lintas yang akan diberlakukan secara lokal di lokasi, jadi para Kapolda sudah disiapkan rekayasa lalu lintas lokalnya, jalur arteri, jalur wisata,” ujar Aan, dilansir dari laman resmi Polri (3/4/2024).

Baca juga: Nekat Merokok Saat Berkendara, Bisa Dihukum Kurungan 3 Bulan

Kepadatan kendaraan pemudik dari arah Bandung-Tasikmalaya dan sebaliknya terus terjadi di Tanjakan Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Minggu (23/4/2023).KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA Kepadatan kendaraan pemudik dari arah Bandung-Tasikmalaya dan sebaliknya terus terjadi di Tanjakan Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Minggu (23/4/2023).

Aan mengatakan, pihaknya juga akan memberlakukan pengalihan arus khusus di daerah wisata. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan.

Tak hanya di jalur wisata, potensi perlambatan juga diprediksi akan terjadi di ruas arteri dan pasar tumpah karena hingga saat ini titik tersebut masih menjadi troublespot.

“Untuk mengurangi terjadinya perlambatan kami telah menyiapkan rekayasa arus lalin di arteri maupun di jalur wisata ini dengan melakukan pengalihan arus buka tutup, one way sepenggal ini akan kita laksanakan juga seperti di tempat wisata,” ucap Aan.

Baca juga: Mulai Hari Ini, Diskon Tarif Tol Mudik Berlaku dari Jakarta ke Semarang

Untuk jalur arteri, Kakorlantas menjelaskan sudah memetakan d titik krusial dan menyiapkan rekayasa lalu lintas, salah satunya di jalur selatan yang berpotensi mengalami kemacetan.

“Kemudian untuk arteri juga sudah kita petakan untuk titik-titik krusialnya,” kata Aan.

“Kita sudah siapkan untuk rekayasa lalu lintas ya nanti ada one way sepenggal, pengalihan arus seperti di Gentong Tasikmalaya, kita akan alihkan kita akan buka tutup sampai pada penerapan ganjil genap lokal,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com