Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kia EV3 Pakai Baterai Jenis NCM, Simak Kelebihannya

Kompas.com - 24/05/2024, 14:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kia baru saja memperkenalkan mobil listrik terbarunya, yakni EV3 di global. Mobil yang bermain di kelas sport utility vehicle (SUV) listrik ini kabarnya bakal dijual dengan harga mulai 35.000 dollar AS atau sekitar Rp 500 jutaan.

Sebagai informasi, Kia EV3 dibekali baterai jenis NCM dengan dua pilihan kapasitas. Baterai jenis NCM memiliki kandungan unsur nikel kurang lebih 20 persen, kobalt 19 persen dan mangan (Mn) 20 persen.

Baterai NCM disebut sebagai baterai dengan biaya produksi paling mahal, sebab bahan bakunya tidak murah.

Spencer Cho, Vice President and Head of Global Business Planning Kia mengungkapkan sejumlah alasan pihaknya memilih baterai jenis NCM dibandingkan LFP untuk mobil listrik terbarunya.

Baca juga: Belajar dari Kecelakaan Bus dan Truk di Tol Jombang-Mojokerto, Jangan Mengemudi dalam Kondisi Ngantuk

“Tentu saja baterai LFP memiliki banyak manfaat, tetapi kami memilih NCM karena tiga alasan utama,” ucap Spencer, dalam sesi tanya jawab peluncuran Kia EV3 secara global, Rabu (24/5/2024).

“Pertama tenaga yang dikeluarkan jauh lebih baik, kemudian waktu pengisian juga jadi lebih singkat, serta jaraknya juga akan terjamin untuk baterai NCM,” lanjutnya.

Kia EV3Kia Kia EV3

Selain itu, NCM juga dinilai memiliki bobot yang lebih ringan dibanding baterai jenis LFP. Berbagai keunggulan inilah yang membuat Kia akhirnya memutuskan untuk menggunakan baterai jenis NCM.

Model EV3 Standard menawarkan baterai NCM berkapasitas 58,3kWh, sedangkan EV3 Long Range dilengkapi dengan baterai NCM 81,4kWh. Kedua model ini menggunakan motor listrik 150 kW dengan torsi 283 Nm.

Baca juga: Bahaya, Jangan Pindahkan Tuas Transmisi Matik ke N Saat Lewat Turunan

Dengan tenaga tersebut memungkinkan akselerasi 0-100km per jam dengan waktu 7,5 detik. Kecepatan maksimum EV3 adalah 170 km per jam.

Sedangkan untuk pengisian daya kendaraan, Kia mengklaim mobil ini hanya membutuhkan waktu sekitar 31 menit untuk mengisi baterai dari 10-80 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com