Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada, Marak Aksi Pencurian Ban dan Pelek Mobil di Kota Medan

Kompas.com - 28/06/2023, 14:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Viral di media sosial video yang memperlihatkan ban mobil yang hilang karena digondol oleh pencuri. Tak hanya satu kejadian, insiden ini menimpa lebih dari satu pemilik mobil di Medan, Sumatera Utara.

Seperti video yang diunggah oleh akun Instagram Medan Talk, Selasa (28/6/2023). Dalam rekaman tersebut terlihat mobil Honda Mobilio berkelir putih kehilangan dua ban dan peleknya, saat terparkir di kawasan Petisah, Medan. Bahkan mobil masih sempat diganjal batu oleh pelaku.

Kejadian lainnya juga terjadi di kota Medan. Dalam unggahan akun Instagram Worldcarstuff terlihat pemilik mobil kehilangan salah satu ban, saat tengah melakukan ibadah di salah satu gereja.

Baca juga: Catat, Layanan SIM di Jakarta Tutup Saat Libur Idul Adha 2023

Insiden hilang ban seperti ini memang bukan yang pertama kali terjadi. Untuk itu pemilik kendaraan sebaiknya lebih berhati-hati agar kejadian ini tidak terulang.

On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal mengatakan, untuk membongkar satu set ban dan pelek memang hal yang mudah dilakukan oleh para pencuri.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Semua Tentang Mobil (@worldcarstuff)

 

“Memang biasa pencuri lebih maju selangkah dalam melakukan aksinya, untuk bongkar set ban dan pelek dari kendaraan sangat mudah bagi mereka, hanya di bawah 3 menit atau kurang mereka sudah bisa melepas pelek dan ban dari kendaraan memakai kunci roda biasa,” ucap Zulpata, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (28/6/2023).

“Apalagi sekarang tersedia alat buka baut roda sudah ada yang portable yang pakai baterai saja, seperti contoh Impact Wrench, jadi makin gampang. Demikian juga dongkraknya, sudah banyak dijual yang elektrik,” lanjut Zulpata.

Baca juga: Video Relawan Jatuh dari Sepeda Motor Saat Kawal Ambulans

Maka dari itu, Zulpata menyarankan pemilik mobil untuk waspada terutama ketika memarkir kendaraan.

“Pilih parkir di tempat yang agak ramai, seperti dekat pos penjagaan, dekat pintu keluar atau semacamnya. Alarm guncangan juga bisa diaktifkan, atau tambah baut roda yang bisa di kunci,” ucap Zulpata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com