Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Pencurian Ban Serep Mobil Hanya Dalam Hitungan Detik

Kompas.com - 02/11/2023, 06:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Viral di media sosial video yang memperlihatkan aksi seorang pria melakukan pencurian ban serep mobil.

Rekaman tersebut salah satunya diunggah akun Instagram @lowslow.indonesia. Dalam video itu, mulanya terlihat seorang pria yang mengendarai sepeda motor berhenti di belakang mobil yang sedang parkir.

Sebelum melakukan aksi pencurian, pria tersebut sempat memperhatikan kondisi sekitar dengan menoleh ke kiri dan kanan.

Setelah merasa aman, pria yang mengenakan kaus berwarna putih itu langsung menunduk dan mencuri ban serep yang berada di bawah mobil dalam waktu sekejap.

Baca juga: Perusahaan Otomotif Ini Revitalisasi Sekolah di IKN

Aksi pria itu pun membuat banyak warganet heran, sebab pria tersebut begitu ahli dan cepat dalam mencuri ban serep mobil.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by LOWSLOW® Official (LS) (@lowslow.indonesia)

“Aku yang kerja tukang ban mobil kaget lihatnya, kita saja yang 5 tahun kerja tukang ban kalau lepas ban serep musti pakai impact, lah itu tinggal ambil doang,” tulis komentar @sakanumisma.

“Ini orangnya yang ahli atau sistem pengamananya yang lemah, kok cepat banget,” tulis akun @eri_poter.

“Busettt mekanik Red Bull juga kalah ini,” tulis akun @marxantsler.

Menanggapi hal ini, On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal mengatakan, pencurian ban serep dengan waktu singkat seperti dalam video sangat sulit dilakukan.

Baca juga: Sinyal BYD Masuk Indonesia Semakin Kuat

“Terlalu cepat menurut saya, kan harus melepas rantai pengikatnya dulu. Bisa seperti engkol kalau Toyota Innova atau harus diputar dulu dari dalam untuk Daihatsu Sigra, atau memang sebelumnya sudah ada yang motor rantainya. Karena kalau langsung sepertinya tidak secepat itu,” ucap Zulpata, kepada Kompas.com, Rabu (1/11/2023).

“Kalaupun mau berandai-andai, sebelumnya mungkin rantai sudah putus. Nah, di video tersebut, tinggal angkat ungkitnya, ban yang terpasang di pelek atau ban cadangan tinggal di ambil,” lanjut Zulpata.

Menurut Zulpata, ban serep yang diletakan di bawah mobil pada dasarnya lebih sulit untuk dicuri dibandingkan dengan ban serep model konde yang terletak di pintu belakang atau bagasi.

Kendati demikian, pemilik kendaraan bisa menyematkan kunci gembok tambahan untuk mengantisipasi pencurian ban serep mobil.

“Model konde juga tidak aman (dari pencurian), lebih mudah malah untuk cabutnya. Tetap model (ban serep) seperti di atas, di bawah bagasi sesuai desain mobil, hanya saja kalau mau, pemilik bisa tambah kunci lagi, misal ditambah gembok. Karena untuk copot ban serep sebetulnya tidak gampang juga,” kata Zulpata.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com