Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejadian Lagi, Pencurian Ban Serep Truk di Jalan Tol

Kompas.com - 22/04/2022, 14:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tayangan video diunggah akun Instagram Romansa Sopir Truk memperlihatkan aksi dua orang yang sedang mencuri ban serep truk. Berdasarkan keterangan, kejadian tersebut terjadi di ruas jalan tol.

“Hati-hati yang istirahat di KM 72 arah Bandung maupun arah Jakarta,” tulis keterangan video tersebut.

Aksi pencurian ban truk ini memang kerap terjadi, terutama pada saat keadaan gelap atau di malam hari.

Bambang Widjanarko, Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah dan DIY mengatakan, ban serep memang komponen truk yang paling mudah dicuri selain aki dan dinamo.

Baca juga: Sopir Truk Wajib Tahu, Begini Cara Mengatasi Rem Blong

“Modusnya kalau enggak di jalan tol, di rest area, bahkan bisa juga dilakukan di warung tempat truk beristirahat,” ujar Bambang kepada Kompas.com, belum lama ini.

Menurut Bambang, para pencuri ban serep ini tidak sembarang memilih mangsa. Mereka mengetahui mana ban serep yang kondisinya masih bagus, belum tertusuk atau kawatnya masih utuh sehingga masih bisa dijual.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Romansa Sopir Truck (@romansasopirtruck)

Ban truk, sekalipun yang serep masih ada harganya. Casing ban yang sudah botak pun masih bisa dijual dengan harga Rp 300.000 sampai Rp 500.000, karena masih bisa divulkanisir,” ucapnya.

Bambang melanjutkan, untuk mencegah pencurian ban serep atau menyulitkan pencuri sebetulnya bisa ditambah gembok. Namun, para awak pengemudi maupun kru tidak mau repot dengan menambah gembok untuk menjaga ban serep.

“Awak kendaraan berharap yang gampang-gampang saja. Menyimpannya mudah supaya mengambilnya juga mudah. Kalau ada gembok, kuncinya sering hilang saat dibutuhkan,” kata dia.

Baca juga: Update Harga Oli Mesin Motor Matik Jelang Lebaran

Selain memakai gembok, memilih tempat parkir yang aman juga bisa menjadi solusi mencegah pencurian ban serep truk. Misalnya di rest area jalan tol, biasanya tidak ada kasus pencurian ban serep.

“Seringnya itu (pencurian ban serep) di jalan masuk atau keluar rest area, atau truk yang parkirnya sembarangan di pinggir jalan,” kata Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com