Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Fitur Keselamatan dan Asistensi Yaris Cross Hybrid

Kompas.com - 13/04/2024, 15:22 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS,com - Selain irit bahan bakar, ramah lingkungan, dan bertenaga, Yaris Cross Hybrid varian tertinggi juga dibekali dengan teknologi Toyota Safety Sense (TSS) yang memiliki beragam fitur keselamatan dan asistensi saat berkendara.

Kehadiran ragam fitur teknologi TSS di Yaris Cross Hybrid, tak hanya membantu memberikan rasa aman saat berkendara, tapi juga meningkatkan sisi fun to drive.

Fitur pada Toyota Safety Sense (TSS) yang dihadirkan pada Yaris Cross Hybrid terdiri dari Adaptive Cruise Control (ACC), Pre-collision Warning and Pre-collision Braking (PCWPCB), Automatic High Beam (AHB), dan Lane Departure Warning (LDP).

Baca juga: Viral, Video Avanza Berpelat Nomor Depok Melintas di Malaysia

Selain itu masih ada Lane Departure Prevention (LDP), Lane Keeping Control (LKC), Pedal Misoperation Control (PMC), serta Front Departure Alert (FDA).

Oto Journey 2024 - Toyota Yaris HybridKOMPAS.com Oto Journey 2024 - Toyota Yaris Hybrid

Masing-masing memiliki peran membantu keamanan dan asistensi pengendara. Hal ini redaksi rasakan sendiri ketika menempuh perjalanan Jakarta-Surabaya sampai kembali ke Jakarta baik lewat jalan tol dan non tol dalam Oto Journey 2024.

Untuk perjalanan lintas kota via jalan tol, Adaptive Cruise Control (ACC) dapat diandalkan untuk membantu pengendara dalam menjaga kecepatan konstan tanpa harus terus menerus menekan pedal gas.

Baca juga: Menyusuri Jogja dengan Mode EV Yaris Cross dan Innova Zenix Hybrid

Fitur ini dapat digunakan ketika mobil berada di atas kecepatan 30 kilometer per jam (kpj). Cara cukup dengan mengakses tombol pada lingkar kemudi bagian kanan.

Meski dapat mengikuti kecepatan mobil di depan dan melakukan deselerasi secara otomatis, pengendara tetap harus waspada dan sigap mengendalikan mobil, apalagi dalam perjalanan jarak jauh seperti saat melintasi Tol Trans-Jawa.

Oto Journey 2024 - Toyota Yaris HybridKOMPAS.com/STANLY RAVEL Oto Journey 2024 - Toyota Yaris Hybrid

Tak hanya ACC, Lane Keeping Control (LKC) dan Lane Departure Warning (LDP) juga sangat membantu sebagai asistensi yang memberikan peringatan ketika mobil keluar dari jalur, atau saat pindah lajur tanpa memberikan lampu sein.

Baca juga: TMAP dan TDEM Berubah Nama Jadi Toyota Motor Asia

Dengan kedua fitur tersebut, tingkat kewaspadaan pengemudi saat berkendara tetap bisa terjaga sehingga bisa menekan terjadi risiko dalam perjalanan.

Sementara untuk Pedal Misoperation Control, terpasang sebagai fitur keselamatan ketika pengendara salah menginjak pedal gas.

 

Misalnya ketika memarkirkan mobil dengan bagian depan menghadap ke tembok atau halangan lain sehingga akan memberikan sinyal peringatan.

Bicara perangkat keselamatan, selain teknologi TSS, Yaris Cross Hybrid juga dilengkapi ragam fitur lain. Dari blind sport monitoring, rear cross traffic alert, sampai panoramic view monitor yang tentunya semua dapat menjamin keamanan serta keselamatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com