Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Full Tank Jakarta-Surabaya, Innova Zenix Hybrid Masih Sisa 16 Liter

Kompas.com - 07/04/2024, 12:31 WIB
Alek Kurniawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Selain Toyota Yaris Cross Hybrid, tim Oto Journey 2024 juga mendapatkan misi khusus menempuh perjalanan Jakarta-Surabaya menggunakan Kijang Innova Zenix Hybrid hanya sekali isi bensin.

Sama halnya dengan tantangan yang diberikan untuk Yaris Cross Hybrid, tim kami yang mengemudi Zenix Hybrid juga berhasil menyelesaikan misi dengan selamat sampai titik tujuan di Surabaya.

Perjalanan dimulai dengan mengisi penuh bahan bakar minyak (BBM) RON 98 ke tangki Innova Zenix Hybrid yang mempunyai kapasitas 52 liter. Tekanan udara ban juga sudah disesuaikan anjuran pabrikan. 

Baca juga: Menyusuri Jogja dengan Mode EV Yaris Cross dan Innova Zenix Hybrid

Oto Journey 2024 - Toyota Innova Zenix HybridKOMPAS.com Oto Journey 2024 - Toyota Innova Zenix Hybrid

Berbeda dengan Yaris Cross Hybrid, kami memberikan beban penumpang serta barang bawaan lebih berat di Innova Zenix Hybrid dengan total bobot mendekati 500 kg.

Dibandingkan Yaris Cross Hybrid, beban pada Zenix Hybrid lebih berat 300 kg. Setelah semua persiapan selesai, kami memulai perjalanan dengan titik awal di Kantor Kompas Gramedia di Palmerah, Jakarta Barat dan berakhir di Hotel PrimeBiz Surabaya, Jawa Timur.

Sebagai informasi, total perjalanan dari titik awal di Jakarta dan titik akhir di Surabaya adalah sejauh 775 km berdasarkan data dari Google Maps.

Namun, setelah menempuh perjalanan, kami tiba di titik akhir di Surabaya dengan total jarak tempuh 768,4 km.

Baca juga: Ada Kenyamanan Maksimal di Balik Dimensi Ringkas Yaris Cross Hybrid

 Adanya perbedaan jarak tempuh dari perhitungan di Google Maps terjadi karena tim yang mengendarai Innova Zenix Hybrid tidak melewati Jalan Layang MBZ di Tol Jakarta-Cikampek. 

Dengan jarak tempuh tersebut, kami berhasil mendapatkan rata-rata penggunaan BBM mencapai 21,9 kpl, atau 1 liter untuk menempuh jarak 21,9 km.

Oto Journey 2024 dengan Toyota Kijang Innova Zenix HybridKOMPAS.com Oto Journey 2024 dengan Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid

Menariknya, setelah mengisi BBM kembali di Surabaya hanya terpasok 36 liter. Artinya, masih ada sisa bensin 16 liter.

Bila rata-rata penggunaan BBM masih di angka 21,9 kpl, berarti Innova Zenix Hybrid yang kami tunggangi masih bisa melaju sekitar 350 km lagi.

Dengan demikian, kemungkinan besar kami bisa mencapai Banyuwangi tanpa mengisi bensin dengan total jarak Surabaya-Banyuwangi sekitar 296 km berdasarkan perhitungan di Google Maps.

Oto Journey 2024 - Toyota Innova Zenix HybridKOMPAS.com/OTOMOTIF Oto Journey 2024 - Toyota Innova Zenix Hybrid

Baca juga: Hasil Tantangan Yaris Cross Hybrid Jakarta-Surabaya 1 Kali Isi Bensin

Hasil ini menjadi bukti keiritan mobil hybrid Toyota. Namun, hal yang perlu menjadi catatan, ada banyak faktor yang mempengaruhi efisiensi bahan bakar, baik dari segi internal maupun eksternal.

Oto Journey 2024KOMPAS.com Oto Journey 2024

Menarik untuk dicoba pada tantangan selanjutnya, yaitu menempuh perjalanan dari Jakarta ke Banyuwangi hanya sekali isi bensin menggunakan Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com