Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jurus Atasi Rem Blong pada Mobil yang Pakai Sistem Rem Parkir Elektronik

Kompas.com - 26/03/2024, 16:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Rem blong kerap menjadi pemicu kecelakaan di jalan raya. Terutama bus dan truk selaku kendaraan niaga yang memiliki bobot lebih berat.

Kejadian rem blong juga berpotensi terjadi pada mobil-mobil modern bila terjadi kerusakan atau salah pengoperasian termasuk pada mobil dengan electronic parking brake (EPB).

Bonar Pakpahan, Product Expert Hyundai Motors Indonesia, menjelaskan pada Hyundai Stargazer X sudah menggunakan rem parkir elektrik (EPB) sehingga tidak terdapat lagi tuas rem tangan melainkan hanya sebuah tombol.

Baca juga: Waspada, Rem Blong Bisa Terjadi Tanpa Gejala

Sejumlah petugas Unit Gakum Satlantas Polres Kuningan Jawa Barat melakukan olah TKP kecelakaan yang melibatkan lima ASN PUTR Kabupaten Kuningan, Senin (22/5/2023). Polisi sebut, kecelakaan terjadi diduga karena rem blong.MUHAMAD SYAHRI ROMDHON Sejumlah petugas Unit Gakum Satlantas Polres Kuningan Jawa Barat melakukan olah TKP kecelakaan yang melibatkan lima ASN PUTR Kabupaten Kuningan, Senin (22/5/2023). Polisi sebut, kecelakaan terjadi diduga karena rem blong.

Pengereman menggunakan EPB pada kecepatan tinggi bisa mengikuti prosedur yang ada yakni dengan menahan atau menarik tombol parkir elektrik beberapa detik sampai berbunyi buzzer menurut Bonar.

“Jika kondisi tersebut terpenuhi maka rem belakang akan aktif secara gradual sehingga mobil bisa melambat dan berhenti," kata Bonar kepada Kompas.com, belum lama ini.

Bonar mengatakan prinsip kerja remnya sama dengan rem tangan mekanikal, dia akan berhenti secara perlahan. Konsekuensi pakai teknik ini jarak pengeremannya lebih jauh apalagi tanpa bantuan rem depan.

Baca juga: Tanpa Engine Brake, Ini Cara Cegah Rem Blong Saat Naik Motor Listrik


Artinya, cara tersebut bisa digunakan sebagai langkah antisipasi ketika terjadi malfungsi pada kinerja rem utama atau saat rem blong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com