Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Mercedes-Benz Wanaherang Juga Akan Produksi Mobil China

Kompas.com - 26/03/2024, 15:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mercedes-Benz di Indonesia sudah memiliki pabrik perakitan di Wanaherang, Bogor. Pabrik tersebut rencananya juga akan digunakan oleh merek lain yang dinaungi oleh Inchcape.

Saat ini, distribusi Mercedes-Benz di Indonesia dipegang juga oleh Inchcape. Distributor otomotif global tersebut memayungi beberapa merek lain, seperti Great Wall Motor (GWM).

Baca juga: Pelanggan Mulai Menerima Truk dan Bus Euro 4 dari Mercedes-Benz

GWM juga memiliki beberapa merek, seperti Tank, Haval, dan Ora. Ketiganya sudah dipamerkan ke publik pada ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Pabrik perakitan Mercedes Benz di Wanaherang, Gunung Putri, Bogor.Ghulam/KompasOtomotif Pabrik perakitan Mercedes Benz di Wanaherang, Gunung Putri, Bogor.

Kariyanto Hardjosoemarto, Direktur Penjualan dan Pemasaran PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI), mengatakan, memang iya, pabrik tersebut juga akan dipakai oleh merek lain. Tapi, khususnya yang ada di bawah Inchcape.

"Sebab, Inchcape di Indonesia selain Mercedes-Benz juga membawahi beberapa merek lain," ujar Kariyanto, kepada wartawan, saat ditemui di Jakarta, Senin (25/3/2024).

Baca juga: Daimler Pastikan Bus Mercedes-Benz yang Keluar Karoseri Sesuai Standar

Mercedes-Benz New GLC resmi dirakit secara lokal di pabrik Wanaherang, BogorDok. MBDI Mercedes-Benz New GLC resmi dirakit secara lokal di pabrik Wanaherang, Bogor

"Kemarin juga sudah disampaikan oleh unit bisnis lainnya yang di bawah Inchcape, yakni Great Wall Motor (GWM). Mereka juga akan merakit produksinya di Wanaherang, di lokasi yang sama," kata Kariyanto.

Saat ini, pabrik Mercedes-Benz di Wanaherang digunakan untuk merakit beberapa model andalannya, seperti C-Class, E-Class, S-Class, GLC, GLE, dan GLS. Pabriknya sendiri memiliki luas 42 hektar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com